• Jelajahi

    Copyright © Tewe My ID BloggerIndo
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Author Details

    Keutamaan Fadhilah dan Amalan Al-Ikhlas

    AriefTewe
    Kamis, 15 Mei 2014, Mei 15, 2014 WIB

    Keistimewaan Keutamaan Amalan Al-Ikhlas


    Keistimewaan dan fadhilah al-ikhlas

    Sempatkanlah sebentar untuk membaca postingan ini, Rasulullah Muhammad sholallahu alaihi Wassalam pada suatu Hari Bersabda: "Demi Allah yang jiwaku ditangan-Nya, sesungguhnya QUL HUWALLAHU AHAD itu tertulis di sayap malaikat Jibril.a.s, ALLAHHUS SOMAD itu tertulis disayap malaikat Mikail a.s, LAMYALID WALAM YUULAD tertulis pada, sayap malaikat Izrail a.s, WALAM YAKULLAHU KUFUWAN AHAD tertulis pada sayap malaikat Israfil a.s.".

    Berkata Ibnu Abbas r.a. bahwa Rasulullah ﷺ telah bersabda: Ketika saya (Rasulullah ﷺ ) isra' ke langit, saya melihat Arasy di atas 360,000 pilar dan jarak jauh antara satu pilar ke satu pilar yang lain ialah 300,000 tahun perjalanan. Pada tiap-tiap pilar itu terdapat padang pasir yang jumlahnya 12,000 dan luasnya setiap satu padang itu seluas dari timur hingga ke barat. Pada setiap padang itu terdapat 80.000 malaikat yang mana kesemuanya membaca surat Al-Ikhlas. Setelah mereka selesai membaca surah tersebut maka berkata mereka: "Wahai Allah, sesungguhnya pahala dari bacaan kami ini kami berikan kepada orang yang membaca surah Al-Ikhlas baik lelaki maupun perempuan".

    Riwayat Anas bin Malik juga membenarkan kisah berkaitan surat Al-Ikhlas. Suatu ketika ada 70.000 malaikat diutus datang kepada seorang sahabat di Madinah yang meninggal. Kedatangan para malaikat itu hingga meredupkan cahaya matahari. 70.000 malaikat itu diutus hanya karena almarhum sering membaca surat ini. Anas bin Malik yang saat itu bersama Nabi Muhammad SAW di Tabuk merasakan cahaya matahari redup tidak seperti biasanya dan malaikat Jibril datang kepada Nabi untuk memberitakan kejadian yang sedang terjadi di Madinah.

    Abu Sa'id Al-Khanafi meriwayatkan: Surah ini dinamakan Surah Al-Ikhlas, artinya bersih atau pas. Maka barangsiapa yg membacanya dan mengamalkannya dg hati yg ikhlas maka ia dilepaskan kesusahan2 duniawi, dimudahkan di dalam gelombang sakaratil maut, dihindarkan dari kegelapan kubur dan kengerian hari kiamat.

    Ibnu Syihab Al-Zukhri meriwayatkan: "Siapa membaca Suratul Ikhlas seolah-olah ia membaca sepertiga dari Al-Qur'an".

    Riwayat dari Sayyidina 'Ali r.a.: Siapa membaca Suratul Ikhlas sebanyak 11 kali sesudah shalat shubuh, maka syaitan tidak akan dapat menggodanya untuk berbuat dosa, meskipun syetan itu dg sungguh2 hendak menggodanya pada hari itu.

    Sayyidah 'Aisyah meriwayatkan: "Dari Nabi Muhammad siapa membaca sesudah selesai shalat Jum'at, surat Al-Fatihah 7 kali, surat Al-Ikhlas 7 kali, surah Al-Falaq 7 kali dan surah An-Nass, maka Allah SWT akan melindunginya dari kejahatan sampai ke hari Jum'at yg akan datang".

    Dari Sayyidina 'Ali r.a. dari Rasulullah: "Siapa hendak pergi musafir, kemudian ketika hendak meninggalkan rumahnya ia membaca surah Ikhlas 11 kali, maka Allah memeliharakan rumahnya sampai ia kembali".

    Sayyidina Anas menerangkan dari Rasulullah ﷺ : "Siapa membaca Suratul Ikhlas 30 kali, maka Allah akan menulis barokah, selamat dari api neraka dan aman dari adzab pada hari kiamat".

    Imam Sayuthi menerangkan dalam kitabnya "Addurrul Mantsur", Riwayat dari Ibnu 'Abbas bahwa Rasulullah ﷺ telah mengatakan:
    "Siapa ada hajad hendaklah berwudhu dan shalat 4 rakaat dg sekali salam.
    ☝Rakaat pertama membaca Fatihah sekali dan surah Ikhlas 11 kali.
    ✌Rakaat kedua membaca Fatihah sekali dan surah Ikhlas 21 kali.
    👌Rakaat ketiga membaca Fatihah sekali dan surah Ikhlas 30 kali.
    🖖 Rakaat keempat membaca Fatihah sekali dan surah Ikhlas 41 kali. Apabila sudah salam,sebelum berkata-kata membaca:
    🖐 Surah Ikhlas 50 kali.
    🖐 Shalawat atas nabi 50 kali.
    🖐 Istighfar 50 kali.
    🖐 Laa khaula walaa quwwata illaa billahil aliyil adhiim 50 kali, kemudian ia meminta hajadnya kepada Allah SWT, maka Insya Allah akan ditunaikan hajadnya".


    Amalan Al-Iklash Dalam Kehidupan

    Ketika Memulai Suatu Kegiatan.
    Bacalah ayat ini sebelum anda memulakan apa-apa saja kerja karena dengan bacaan ini akan keluarlah iblis dan syaitan yang berada didalam tubuh kita dan juga di sekeliling kita, mereka akan berlari keluar umpama cacing kepanasan.

    Baca Al-Iklash saat Masuk Rumah.
    Sebelum anda masuk rumah, bacalah surah Al-Ikhlas sebanyak 3 kali. Masuklah rumah dengan kaki kanan dan dengan membaca bismillah. Berilah salam kepada anggota rumah dan sekiranya tiada orang di rumah berilah salam juga karena malaikat di dalam rumah akan menyahutnya.

    Amalkanlah dalam shalat karena salam pertama yang diucapkan pada akhir shalat akan membantu kita menjawab persoalan kubur. Apabila malaikat memberi salam, seseorang yang jarang shalat akan sukar menjawab salam malaikat tersebut. Tetapi bagi mereka yang sering shalat, amalan dari pada salam yang diucap di akhir shalat akan menolongnya menjawab salam malaikat itu.

    Ketika Sakit Baca Al-iklash Sabda Rasulullah S.A.W yang bermaksud: Barangsiapa membaca surah Al-Ikhlas sewaktu sakit sehingga dia meninggal dunia, maka dia tidak akan membusuk di dalam kuburnya, akan selamat dia dari kesempitan kuburnya dan para malaikat akan membawanya dengan sayap mereka melintasi titian siratul mustaqim lalu menuju ke syurga. Demikian diterangkan dalam Tadzikaratul Qurthuby.

    Seperti Khatam al-Quran.
    Rasulullah SAW pernah bertanya sebuah Pertanyaan kepada Para Sahabat: Siapakah antara kamu yang dapat khatam Qur'an dalam jangka waktu dua-tiga menit? Tiada seorang dari sahabatnya yang menjawab. Justru Saiyidina Ummar telah mengatakan bahwa ia mustahil untuk mengatam Al-Qur'an dalam begitu cepat. Kemudian Saiyyidina Ali mengangkat tangannya. Saiyidina Ummar bersuara kepada Saiyidina Ali bahwa Saiyidina Ali (yang masih kecil pada waktu itu) tidak tahu apa yang dikatakannya itu. Lantas Saiyidina Ali membaca surah Al-Ikhlas tiga kali. Rasulullah SAW menjawab dengan mengatakan bahwa Saiyidina Ali betul. Membaca surah Al-Ikhlas sekali, ganjarannya sama dengan membaca 10 jus kitab Al-Quran. Lalu dengan membaca surah Al-Ikhlas sebanyak tiga kali qatamlah Quran kerana ia sama dengan membaca 30 jus Al-Quran.

    Surat Al-iklash Merupakan Surat Pendek dalam Al-Qur'an yang Mempunyai kelebihan dan Keunggulan bila dibandingkan dengan Surat-surat yang lain. Meski Setiap Surat firman Allah Dalam Intinya adalah sama Namun Intisari dari Surat Al-ikhlas Mengandung sebuah Arti dan Makna Ketauhidan dan Pengakuan Allah.

    Shalawat dan salam semoga tercurah atas Nabi kita Muhammad ﷺ , atas segenap keluarga dan sahabat beliau. Aamiin Ya Rabbal'alamiin.

    Semoga kita bisa mengamalkannya setiap waktu, Tulisan atau Postingan ini Bertujuan untuk Mengingatkan Penulis. Semoga saja bisa Bermanfaat Untuk Salah satu Bahan Referrensi dan Bisa Bernilai Pahala Bagi Yang Membaca dan Menyebarkannya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    agama

    +