Sukomoro Nganjuk

Apa Yang Menarik dari Sukomoro Nganjuk di Jawa Timur? Ini Salah Salah Satu Yang Menarik di Daerah Sukomoro Nganjuk adalah Sebagai Pusat Bawang Merah.

Apa yang Menarik di Sukomoro Nganjuk
Sukomoro Nganjuk Merupakan Salah satu Desa di Kabupaten Nganjuk di bagian Timur. Sebuah Desa yang dilewati oleh jalan Provinsi Yaitu madiun-Surabaya atau Solo-kertosono. Daerah sukomoro Nganjuk Mempunyai Hasil Bumi Yaitu Bawang Merah.


Sukomoro Nganjuk


Sukomoro Nganjuk jawa Timur
Sukomoro Nganjuk

Sukomoro Nganjuk memang tidak ada habisnya untuk di bahas. Karena Sukomoro Bukan Hanya Menyimpan Misteri Namun juga Banyak Hal Menarik Yang Perlu Di Bahas. Penduduk Yang Mayoritas adalah Petani Dan Pedagang Bawang Merah. Membuat Daerah Sukomoro Ini Tak Pernah Sepi Dari Hiruk Pikuk Yang Di Timbulkan Dari Pasar Sentral Bawang Merah ke 2 (II) ini. Banyak Orang Yang Datang sebagai Pembeli Ataupun Hanya Mampir di Pasar Brambang Sukomoro Nganjuk. Biasanya Yang Berkunjung Di Pasar Sukomoro Nganjuk Membeli Bawang Merah Yang Masih Ada Daunnya Untuk sekedar Oleh-oleh Untuk di bagikan Ke sanak Saudara. Karena Biasanya Bawang Merah Berdaun (Ombyokan) Daya Tahannya Lebih Lama Bila Dibandingkan Bawang Merah Butiran/ Bijian.



Bawang Merah Sukomoro Nganjuk

Harga Bawang Merah di Sukomoro Memang Berbeda-beda karena ada Beberapa Macam Jenis atau Nama Bawang Merah atau Brambang ini. Antara lain :

1). Lokal
2). Bauji
3). Bombay
4). Philipin
5). Brebes

Harga Bawang Merah (Brambang) di Sukomoro Nganjuk Termasuk Murah, Karena Langsung Dari Petani atau Pedagangnya yang Sekaligus Tangan Pertama. Jadi Jika Anda Ingin Usaha Agen Bawang Merah seyogyanya Datang Langsung ke Sukomoro Nganjuk. Dan Bukan Hanya Bawang Merah, Disana Juga Tersedia Lapak-lapak Penjual Cabe dan Sayur-mayur Lainnya.

Tempat Ibadah

Di Sukomoro Nganjuk Terdapat Klenteng Yang Katanya Sudah tua atau sudah Lama Berdiri yang Tepat Berada Di Seberang Depan Stasiun Sukomoro. Nuansa Kerukunan Beragama Juga Terlihat disana yaitu Terdapat Beberapa Tempat Ibadah yang Saling Berdekatan antara lain :

1). Masjid Jami' Baitur Rohmah
2). Klenteng Hok Yoe Kiong
3). Gereja Pantekosta
4). Mushola Almubarokah dan
5). Pondok Modern Al-islam

Bela Diri

Dan Tidak Hanya itu, Para penduduk Di Desa Sukomoro Nganjuk mayoritas Mengikuti Pelatihan Beladiri Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate. Yang sudah Lama Berkembang Pesat Di sukomoro Nganjuk Ini. Orang Tua, Anak Muda, anak-anak SD Hingga Remaja Semua Ikut Serta Dalam Pencak Silat PSHT. Bisa di Bayangkan Kalau Ada Yang Membuat Ulah Di Desa Ini.hihi..

Walaupun Semua Penduduknya Berlatar Belakang Pencak Silat PSHT, Namun Jiwa Persaudaraan di Sukomoro Nganjuk Perlu Di Acungi Jempol. Karena Telah Tercipta Kerukunan Umat Beragama dan Menjadi Contoh untuk Desa-desa Yang Lain. Khususnya Desa-Desa di Kecamatan Sukomoro Nganjuk.

Penulis Mencintai Bangsa Dan Negara, Yang Tentunya Di Mulai Dari Mencintai Desa.


Stasiun Sukomoro

Lokasi Stasiun Kereta Api Sukomoro juga tidak jauh dari pasar Bawang Merah Sukomoro, Persis Berada di depan Klenteng Hok yoe Liong. Stasiun Sukomoro ini terletak di Jalan Raya Kertosono-Nganjuk, Desa Sukomoro, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.
Bangunan Stasiun Sukomoro ini merupakan salah satu bangunan peninggalan masa Hindia Belanda. Pembangunan stasiun ini bersamaan dengan pembangunan jalur rel kereta api Kertosono-Nganjuk-Madiun pada masa itu. Pembangunan jalur tersebut dimulai pada tahun 1881 dan selesai pada tahun 1882 oleh Staatsspoorwegen, perusahaan kereta api milik pemerintah di Hindia Belanda, sepanjang 69 Km yang merupakan bagian dari proyek Oosterlijnen atau State Railway Eastern Lines (lintas timur).


Polsek Sukomoro



Lokasi Polsek Sukomoro kab.Nganjuk
Jalan Panglima Sudirman, Pehserut, Sukomoro, Templek, Sukomoro, Kec. Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64481.

Sejarah Desa Sukomoro


Sejarah Asal Usul Desa Sukomoro juga Perlu di ketahui, apalagi Untuk Generasi yang Lebih Muda Yang bertujuan Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Kepada Desa Tempat Dimana ia di lahirkan dan sebagai wujud Cinta tanah Air dan Bangsa. Disini Penulis Pernah Menciptakan Sebuah Lirik yang isi dari lirik lagu itu adalah Sejarah desa sukomoro. Silahkan Cari dalam menu search.

Posting Komentar