• Jelajahi

    Copyright © Tewe My ID BloggerIndo
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Author Details

    Empat Remaja Jadi Korban Q-Net

    AriefTewe
    Rabu, 23 Januari 2019, Januari 23, 2019 WIB

    Diduga Mengikuti Jaringan Q-Net yang berada di Jalan Argo Wilis Desa Semen Kecamatan Semen Kabupaten Kediri, empat remaja yang berasal dari luar daerah, terpaksa harus mengamen untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

    Tertangkapnya empat remaja tersebut bermula, dari laporan masyarakat, jika ada remaja yang sedang mengamen di Simpang empat Kawi Kota Kediri. Kemudian, Satpol PP Kota Kediri mendatangi lokasi.

    Melihat kedatangan petugas Satpol PP, beberapa remaja sempat melarikan diri, namun berhasil tertangkap. Lalu keempat remaja tersebut dibawa ke Tempat Mako Satpol PP Kota Kediri untuk dilakukan pendataan dan identifikasi.

    Berdasarkan Cerita dari empat remaja tersebut, mereka datang ke Kediri karena mengikuti jaringan Q-Net yang Tepatnya berada di Jalan Argo Wilis Desa Semen Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Mereka juga mengaku, sudah setor uang sebesar 8 hingga 9 juta Rupiah namun tidak membuahkan hasil. Karena kehabisan uang dan Bekal, mereka akhirnya mengamen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sembari menunggu hasil dan keputusan dari jaringan Q-Net kota Kediri tersebut.


    cerita jaringan Q-net
    Korban jaringan Qnet kediri


    Satpol PP Kota Kediri, juga tidak akan Tinggal Diam dan Segara menindaklanjuti terkait keluhan dari keempat remaja tersebut dengan pihak kepolisian.

    Informasi ini dari Pak NUR KHAMID, Kepala Bidang ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kota Kediri.

    Agar tidak terulang Kembali ke dalam jaringan penipuan berkedok lowongan kerja, ada baiknya kamu ketahui 9 ciri-ciri lowongan kerja palsu yaitu:

    1. Menggunakan Domain dan Email Gratisan.
    Jika kamu menemukan broadcast lowongan kerja yang membubuhkan alamat email biasa, sebaiknya kamu harus mulai berhari-hati. Sebab oknum penipu umumnya membuat lowongan kerja palsu dengan membuat sebuah email yang memanfaatkan domain gratisan seperti @gmail, @yahoo, @ymail, atau @hotmail, dan lain sebagainya.

    Padahal jika kamu Teliti sebuah perusahaan itu biasanya menggunakan domain terpecaya seperti namaperusahaan@.com. Meskipun perbedaannya cukup signifikan, namun orang-orang sering dibuat Bingung dengan email gratisan ini karena oknum Penipu yang bersangkutan sering memiripkan nama perusahaan dengan email buatannya Hingga terkesan Asli.

    2. Mencantumkan Website Gratisan.
    untuk yang ini kamu seharusnya sudah bisa membedakan dan pasti bisa membedakan. Perusahaan besar biasanya memiliki situs resmi atau media sosial yang menjelaskan profil dari perusahaan tersebut. kebanyakan Perusahaan Asli situsnya menggunakan akhiran .go.id, ac.id, .or.id dan .co.id tanpa embel-embel lainnya.

    Sedangkan perusahaan bodong akan cenderung menggunakan website-website gratis yang berdomain wordpress.com, blogspot.com, atau blog-blog gratis lainnya. Serta mereka juga melansir informasi seputar perusahaan besar yang dijadikan sebagai perusahaan dan juga akan dihias sedemikian rupa agar lebih meyakinkan padahal itu palsu.

    3. Lowongan Kerja Palsu yang Diedarkan lewat Pesan Singkat dan Media Sosial.
    Apakah Kamu Pernah mendapatkan info mengenai lowongan kerja dari kerabat atau teman-temanmu? Meski membantu tetapi kamu harus lebih waspada, karena tidak menutup kemungkinan, dibalik lowongan tersebut, ada sosok penipu yang bisa menguras habis uangmu.

    4. Langsung Wawancara Tanpa ada Tes.
    Jika kamu tiba-tiba mendapat SMS terkait penerimaan kerja. coba Diingat Kembali, apakah kamu pernah melamar pekerjaan di perusahaan tersebut?

    Biasanya perusahaan palsu akan lebih cepat merespon para karyawan baru dan mengajak mereka untuk langsung wawancara. Padahal Kenyataannya kebanyakan perusahaan Asli akan mengharuskan pelamar itu untuk mengirimkan berkas lamaran terlebih dahulu.

    Maka dari itu yang perlu dilakukan adalah cek keaslian kontak perusahaan dengan meng-email ke perusahaan terkait untuk mempertanyakan tentang keaslian SMS yang Kamu Terima tersebut.

    5. Menelpon Langsung.
    Para pencari kerja Biasanya terkecoh dengan modus yang satu ini. Sebab bisa jadi mereka akan merasa dihargai atau diperhitungkan kemampuannya oleh perusahaan yang bersangkutan. Namun Hal yang paling Harus dicurigai adalah ketika nomor yang menghubungimu adalah nomor seluler Biasa yang kemudian memintamu untuk segera menghubungi nomor lain untuk konfirmasi lowongan tersebut. Patut dicurigari apabila penelpon tersebut menggunakan nomor biasa bukan Nomor Kantor dengan kode Daerah.

    6. Lokasi Interview yang Jauh dari Domisili Calon Korban.
    Seringkali penipu ini mengatasnamakan lokasi penempatan kerja. sehingga pelamar diwajibkan untuk datang ke kota tertentu yang jauh dari domisilinya. bahkan tidak sesuai dengan kota penempatan yang dilamar. Dan lebih parahnya lagi. terdapat juga beberapa perusahaan 'abal-abal' yang meminta korban untuk menggunakan uang pribadinya untuk membayar tiket pesawat. hingga akomodasi penginapan saat menjalani tes tersebut. Jika kamu mendapatkan hal sejenis ini, segera pulang saja.

    7. Menggunakan Nomor Seluler Biasa.
    Kamu patut curiga jika ada seseorang yang menghubungimu dengan alasan pekerjaan. Tidak menutup kemungkinan, orang tersebut berniat menipu. bahkan bisa saja mencoba menghipnotismu. umummya, perusahaan akan menggunakan telpon resmi untuk segala keperluan. termasuk dalam mencari pegawai yaitu Biasanya dengan kode daerah.

    8. Mengaku Sebagai HRD.
    modus seperti ini biasanya menjerat banyak korban pelamar kerja. Alih-alih mengaku sebagai seorang HRD atau Pimpinan sebuah perusahaan besar. Yang nantinya kamu Justru akan dibawa masuk ke jebakannya. Sebenarnya seorang HRD atau pimpinan tidak akan langsung Turun Tangan meminta seseorang untuk bergabung dengan perusahaannya. karena setiap perusahaan memiliki Standart prosedur Masing-masing dalam mencari Karyawan baru.

    9. Meminta Sejumlah Uang.
    Ini adalah modus Tujuan Utama Mereka Menipu. Korban diminta untuk mengirimkan sejumlah uang sebagai administrasi atau sebagai uang muka dan Persetujuan. Hati-hati perusahaan yang sedang membuka lowongan Kerja tidak pernah memungut biaya sepeser pun. jika kamu mendapatkan penawaran kerja yang pada ujungnya meminta uang, segera Balik Kanan.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    agama

    +