-->
  • Jelajahi

    Copyright © Tewe My ID
    Best Templates

    Ads

    Author Details

    Cara Mengiris Bawang Merah Agar tidak Menangis

    AriefTewe
    Jumat, 9/20/2019 10:38:00 PM WIB Last Updated 2020-10-07T06:12:59Z
    Cara Mengiris Bawang Merah Tanpa Harus Mengeluarkan Air mata.

    Apa Air mata keluar saat mengiris bawang merah? Buat emak emak yang hobi masak pasti udah tidak asing lagi sama bumbu dapur yang bernama bawang atau Brambang. Kalau kita sedang mengiris bawang, perlahan tapi pasti, mata kita akan terasa perih kemudian mengeluarkan air mata. Bagaimana itu bisa terjadi?


    Cara Mengiris Bawang


    Pada saat kita mengiris bawang, senyawa bersulfur yang terkandung dalam bawang akan bereaksi dengan suatu enzim sehingga menghasilkan asam sulfenat.

    Asam sulfenat bersifat tidak stabil, sehingga dengan cepat akan berubah menjadi senyawa lain yang lebih stabil, yaitu propanetiol S-oksida yang mudah menguap. Senyawa yang menguap ini kemudian berinteraksi dengan mata kita dan membentuk asam sulfur.

    Asam sulfur bersifat mengiritasi mata, sehingga mata kita akan terasa perih dan menjadi kemerahan. Sebagai perlindungan terhadap mata, maka mata akan memproduksi air mata untuk membantu mengeluarkan senyawa yang mengiritasi mata itu.

    Iritasi ini akan segera hilang setelah kontak dengan bawang dihentikan.

    Namun, setelah irisan bawang tadi digoreng, maka tidak akan menyebabkan iritasi pada mata lagi karena enzim yang digunakan untuk memproduksi senyawa asam sulfenat tadi menjadi rusak setelah dimasak.

    Jika emak merasa tidak nyaman dengan iritasi mata akibat bawang, enak bisa menyimpan bawang di kulkas terlebih dahulu sebelum diiris supaya bawang dalam keadaan dingin.

    Pada suhu dingin, reaksi akan berjalan lebih lambat sehingga gas yang diproduksi lebih sedikit. Cara lain, gunakan kacamata saat mengiris bawang atau buatlah jarak yang cukup jauh antara mata dengan bawang.

    Berikut beberapa tips ringan cara mengupas bawang tanpa rasa pedih di mata. Tentu saja mak tidak perlu menggunakan tips ini jika hanya mengiris 1-2 butir bawang merah. Gunakan salah satu tips ini saat kamu mengupas bawang merah dalam jumlah banyak.

    1. Gunakan Api Lilin
    Ternyata nyala api lilin atau api apa saja dapat membantu untuk tidak menangis saat mengupas bawang merah. Namun Mommies perlu hati-hati terhadap apinya.

    2. Iris di bawah Aliran Air
    Air yang mengalir akan melarutkan zat kimia penyebab mata terasa pedih mak.

    3. Iris dekat Kipas Angin
    Nyalakan kipas angin di samping Mommies tepat pada tempat mengiris, maka aliran udara kipas angin dari samping akan mendorong zat yang membuat mata pedih menjauh dari mata.

    4. Masukkan Freezer sebelum Diiris
    Sebelum bawang merah diiris, masukkan dulu dalam freezer sekitar 10 menit. Iris bawang merah dalam kondisi dingin maka mata akan terbebas dari rasa pedih.

    5. Kunyah Permen Karet
    Saat mengunyah permen karet, tarikan pada wajah akan mengurangi efek pengaruh zat penyebab pedih dari bawang yang sedang diiris.

    6. Manfaatkan Garam
    Ternyata garam bisa membantu menetralisir efek uap yang keluar dari bawang saat diiris. Jadi letakkan saja garam secukupnya di dekat Mommies saat akan mengiris bawang.
    Semoga Bermanfaat.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini