Cara Mengatur Ukuran Image Gambar Dalam Postingan Blog

Dalam pembuatan Sebuah artikel, pastinya tidak akan jauh dari urusan foto atau gambar. Sebab gambar atau image juga sangat menunjang blog agar bisa tampil lebih Profesional Tentunya. Bagaimanakah ukuran gambar posting blog yang bagus dan tidak Membuat Loading Blog Terlalu Lama ? Apakah harus sesuai dengan ukuran dan pixel tertentu? Panjang dan lebar apakah harus mengikuti aturan?

Tak sedikit pula Biasanya blogger jarang memperdulikan masalah ini. asal ada gambar yang pas dan sesuai maka akan langsung di upload dan di unggah ke blog. Mengenai ukuran Kb gambar atau image posting blog itu urusan belakangan, alhasil gambar akan tampak kurang rapi dan jika mempunyai ukuran yang besar akan memperlambat loading blog itu sendiri.

Perhatikan juga jika akan mengambil image di internet dan di pasang untuk blog, pastikan gambar tersebut tak Melanggar hak cipta agar tidak ada pihak yang meng-Claim kepemilikan gambar tersebut dan Tidak ada yang Merasa di rugikan. Lebih baik lagi jika kita menggunakan gambar, image atau Foto milik sendiri dan Bisa di edit sendiri dengan sesuka hati.

Format gambar image yang bagus untuk Blog

Ada berbagai jenis format gambar yang tersedia seperti JPEG (JPG), PNG dan GIF. Sebagian besar, kita menggunakan format file JPEG tapi kadang-kadang kita cenderung menggunakan PNG dan GIF juga. Namun Google Menyarankan untuk Menggunakan file Webp.

  1. Format JPEG – Format JPEG paling baik digunakan untuk jenis blog fotografi digital dan ini format yang paling banyak digunakan karena memasang gambar dalam bentuk foto, Namun Tak sedikit juga di pergunakan untuk blog dan portal selain fotografi. Misalnya blog yang banyak menggunakan format JPEG adalah blog wisata, travel, Cook dan sebagainya.
  2. Format PNG – Jenis format PNG paling banyak di gunakan pada blog secara umum, karena jenis format gambar PNG mampu di edit dan di kompres sampai ukuran paling rendah (sekitar 70 %) Tanpa mengurangi kualitas gambar asli. Format PNG biasanya di gunakan untuk blog yang mengutamakan performa dan kecepatan loading, seperti blog tutorial.
  3. Format GIF – Jenis format ini biasanya mendukung ukuran gambar yang kecil, seperti logo dan semacamnya. Untuk penggunaannya bisa kita sesuaikan menurut kebutuhan di blog kita, jangan memaksa menggunakan format gambar yang tidak sesuai karena hasilnya tidak akan sesuai harapan.
  4. Format Webp - Jenis Format ini hanya bisa di lihat oleh Browser Chrome dan Opera. Namun Kelebihannya diklaim mampu mereduksi ukuran gambar sampai 25% dibanding format JPG atau PNG. Sehingga jika anda seorang pengembang web, penggunaan webp pada gambar yang diunggah akan mempercepat situs yang anda buat.
 


Ukuran dimensi gambar yang sesuai untuk blog

Untuk ukuran gambar posting (dimensi) bisa kita sesuaikan dengan template blog masing masing, adapun ukuran yang paling ideal adalah sebagai berikut.

  • Template 1 Kolom Bisa menggunakan foto atau gambar dengan ukuran 700 x 360 pixel atau 600 x 400 pixel.
  • Template 2 kolom Bisa menggunakan foto atau gambar dengan ukuran 600 x 400 pixel atau 600 x 320 pixel.
  • Template 3 kolom Bisa menggunakan gambar atau foto dengan ukuran 300 x 250.


Bagaimana jika ukuran dimensi gambar tidak sesuai dengan ukuran di atas? Kita bisa mengedit gambar tersebut menggunakan softare gambar editor seperti photoshop atau Microsoft Office Picture Manager atau Applikasi Photo Editor, agar Bisa Menyesuaikan dengan size yang sesuai dengan template anda.


Ukuran (size) kapasitas gambar untuk Seo.

Sebelum kita upload gambar di postingan blog, alangkah baiknya gambar di kompres terlebih dahulu. Agar tidak membuat loading blog menjadi lambat. Cara ini bisa kita atasi melalui tool Compresi Image, ukuran kapasitas gambar yang ideal adalah 65 – 115 kb. Tapi jika memungkinkan untuk ukuran yang lebih kecil akan semakin bagus, asalkan gambar masih tampak jelas dan Tidak Pecah-Pecah.

Author

AriefTewe AriefTewe

Posting Komentar