-->
  • Jelajahi

    Copyright © Tewe My ID
    Best Templates

    Ads

    Author Details

    Memek di Daerah ini di Jual Sangat Murah.. Buruan

    AriefTewe
    Minggu, 10/27/2019 08:08:00 PM WIB Last Updated 2020-10-07T02:51:01Z
    Mamemek

    Akhir-akhir ini nama kuliner khas Pulau Simeulue, Memek tengah Viral dan Jadi Pembicaraan. Alasannya Makanan yang hanya banyak ditemui di Simeulue, Nanggroe Aceh Darussalam ini telah diakui sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) di Indonesia.


    Bagi kamu yang tinggal jauh dari simeuleu Aceh, Tidak ada salahnya mencoba masak memek sendiri di rumah. Selain bahannya Gampang dicari proses pembuatan memek ini sebenarnya cukup mudah.


    KaDin Pariwisata dan Kebudayaan Simeulue Abdul Karim mengatakan memek terbuat dari bahan pisang, beras ketan, serta santan. "Lalu beras ketan digongseng (disangrai). Selain itu pisang matang dihancurkan hingga lumat tetapi masih ada teksur kasarnya." ujar Karim. Karim mengatakan, Umumnya masyarakat simeulue menggunakan pelepah pisang untuk menghancurkan pisang tersebut. Pisang yang sudah dihaluskan lalu diberi santan yang Telah dipanaskan Lebih dulu. Kemudian di kasih rasa- rasa seperti gula dan garam. Terakhir, diberi taburan beras ketan sangrai tadi.


    Mamemek pembuatan
    Pembuatan memek. Foto: kompas

    Penyatuan bahan-bahan ini membuat memek mempunyai cita rasa dan Bentuknya yang sangat unik. Di daerah asalnya, memek Sering disajikan sebagai Makanan di saat buka puasa bulan Ramadhan tiba. Rasanya yang manis dan gurih, serta Bentuknya yang cukup halus membuatnya layak dikonsumsi setelah seharian berpuasa di bulan ramadhan.


    Biasanya makanan memek akan dijual dengan harga 5.000 Rupiah setiap porsinya. Jajanan atau Penganan ini dapat dengan mudah dijumpai di sekitar Lokasi-Lokasi wisata di Aceh. Karim mengatakan, memek berasal dari bahasa setempat, yang asal Bahasanya yaitu mamemek yang berarti mengunyah beras.


    harga memek sangat Murah. Untuk 1 cup plastik memek kamu hanya cukup merogoh Kantong Rp 5.000 per porsinya Cukup Murahkan Memek disini.


    Mamemek kuliner
    Kuliner memek. Foto: kompas

    Sebenarnya Asal muasal Nama Memek yaitu ketika Zaman dulu, Nenek moyang Simeulue sering mengunyah beras ketan yang dicampur dengan pisang, sehingga muncullah istilah "mamemek" ini. Seiring waktu makanan yang dikonsumsi nenek moyang itu disebut dengan Nama memek. Bagi Banyak orang, nama memek memang di Dengar cenderung Mengarah berkonotasi negatif. Akan Tetapi nama memek tidak boleh dirubah Oleh masyarakat Simeulue, Karena Nama kuliner Memek ini merupakan warisan leluhur simeulue Aceh.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini