Cara Buat Website Blog Gratis dan Mudah

Cara Membuat blog Sebenarnya tidak hanya dapat dilakukan menggunakan perangkat komputer/PC dan laptop saja. Tetapi juga bisa dengan Handphone atau ponsel. Cara membuatnya Sebenarnya kurang lebih sama, dimulai dengan mendaftar atau sign up, memilih template, dan mulai blogging atau menulis.

Sejarah Mencatat Pada Tahun 1999, Peter Merholz Yang Pertama mempopulerkan istilah Blog atau Blogging. yang kemudian jadi inspirasi Evan Williams (pencipta Blogger) dari Pyra Labs ini saat meluncurkan Blogger pada 2002 yang lalu. Blogger Merupakan salah satu platform Blog gratis Yang populer sampai sekarang ini selain Wordpress.

Blog memiliki banyak Fungsi dan Kegunaan. Selain Hobby salah satunya adalah sebagai media untuk menyalurkan pemikiran dan Pendapat pribadi. Blog pribadi bisa juga disebut sebagai buku harian online (deary online) yang ditulis personal bukan Seperti korporasi atau organisasi.


Buat Website Gratis
Buat Situs Gratis

Terkait platform, ada dua nama yang populer sampai saat ini, yaitu Blogger dan Wordpress. Wordpress Sendiri dirilis pada Tahun 2005. Tentunya Lebih dahulu Blogger yang telah menjadi milik Google dan Telah mengakuisisinya pada 2003 dari Pyra Labs. Sebenarnya adapula Blog gratis pada Masa itu Tahun 2004 yaitu bernama mcommunity.biz kemudian Berganti Nama Menjadi Peperonity.com Namun Sekitar Tahun 2018 Blog gratis Tersebut Telah dihapus dan Tak Bisa di akses.

Mywapblog.com juga Salah satu Blog Gratisan Yang Sempat Viral di Tahun 2009. Blogger dari Mywapblog ini mempunyai Kemudahan dalam Cara-cara Membuat Blog di Handphone atau diponsel. Blog yang dirilis Arvhin ghupta juga Tak Berlangsung Lama. Sekitar Tahun 2015 Owner mywapblog arvhin ghupta Mengumumkan Bahwa Blog gratisnya Akan Di Hapus dan Memback up file yang Dibutuhkan Penggunanya.

Kini Blog gratisan Legendaris didunia Tersebut Hanya ada dua Yaitu Blogspot dan wordpress. Untuk Menggunakan Untuk Penulisan dikedua blog ini tidak Jauh Berbeda. Yang Membedakan yaitu Blogspot Menggunakan Edit Template HTML sedangkan Wordpress Menggunakan Widget Plugin yang Bisa Disematkan didalam Blognya. Blogspot Bisa Membuat Beberapa Blog dalam Satu akun google, Tapi Wordpress Hanya Satu Blog untuk Satu Akun Pengguna.

Untuk Masalah Seo atau Search Engine Optimation, Wordpress Bisa dikatakan Lebih Cepat Terindex dari Pada Blogspot. Sudah Ingin Menggunakan Blog Untuk Menampung Tulisanmu? Dibawah Berikut ini cara membuat blog gratis pribadi menggunakan Hp di platform Blogger dan Wordpress.

Cara Buat Blogspot Blogger.

  1. Buka aplikasi peramban atau browser dan kunjungi situs web Blogger di alamat https://www.blogger.com/Di landing page, pilih menu CREATE YOUR BLOG.
  2. Berikutnya, login menggunakan akun Google yang dimiliki. Jika belum, bisa mendaftar saat itu juga.
  3. Tulis Nama Tampilan di kolom yang disediakan, jika sudah tap Lanjutkan ke Blogger.
  4. Di laman berikutnya, pilih menu BUAT BLOG BARU.
  5. Akan muncul pop-up yang meminta mengisi judul atau nama blog, alamat blog, dan memilih template blog. Jika semua sudah dilakukan, pilih menu Buat Blog!
  6. Berikutnya, akan muncul laman Dashboard untuk aktivitas blogging di Blogger.
  7. Jika ingin mulai posting, pilih menu Entri Baru.
  8. Selesai.

Cara Membuat Wordpress Blog.

  1. Buka aplikasi peramban ponsel dan kunjungi situs web Wordpress di alamat https://id.wordpress.com/Di landing page, pilih menu MULAI.
  2. Berikutnya, login menggunakan akun Wordpress. Jika tak memilikinya, silakan mendaftar dahulu.
  3. Di laman berikutnya pilih jenis layanan Blog kemudian pilih topik blog yang akan dibuat, misalnya Film, lalu tap Lanjutkan.
  4. Berikutnya, isi nama atau judul blog di kotak yang tersedia kemudian pilih Lanjutkan.
  5. Isi alamat blog yang dikehendaki, misalnya "Namamu". Di bagian alamat, pilih domain (gratis) "Namamu.wordpress.com".
  6. Berikutnya, Wordpress akan menawarkan paket, dan pilih Start with a free site lantaran ini layanan yang ditawarkan gratis.
  7. Lalu, akan muncul laman Dashboard untuk aktivitas blogging di Wordpress.
  8. Jika ingin mulai posting, pilih menu Tulis yang letaknya di pojok kanan atas Dashboard.
  9. Selesai.

Untuk Tambahan informasi, Bahwa Blogger dan Wordpress juga tersedia aplikasinya Dan Bisa Download di Play Store maupun Google play. Dengan begitu aktivitas blogging tak hanya dapat dilakukan via peramban tapi juga melalui aplikasi itu.

Menarik Kesimpulan dari The Write Life, salah satu kunci sukses blogging adalah konsisten. Meskipun termasuk di blog pribadi. Karena Rutin dan Rajin dalam menulis (posting) akan mencegah aktivitas blogging Terhenti dan Tersingkir dari Google.

Sekedar Saran Saja, Untuk Menjadi Blogger Hendaknya Mengutamakan Manfaat Untuk Orang Lain. Lebih Penting dari Semuanya adalah Tidak Menyebarkan Berita atau Kabar Hoak dan Mengada-ada, Tidak Melawan atau Menjelek-jelekan Pemerintahan, dan Teruslah Semangat. Karena Menjadi Blogger adalah Bekerja Untuk Keabadian.

Author

AriefTewe AriefTewe Hanya seorang Tukang Sapu.

Posting Komentar