• Jelajahi

    Copyright © Tewe My ID BloggerIndo
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Clickadu

    Author Details

    Daun Kelor Antara Mitos Mistis dan Kesehatan

    AriefTewe
    Kamis, 1/23/2020 08:08:00 PM WIB Last Updated 2020-01-25T14:09:57Z
    Ads here
    Daun Kelor mitos mistis kesehatan

    Siapa yang Tak Kenal dengan Tanaman yang satu ini, pohon Kelor atau Daun Kelor Sudah Lama ada dan Banyak Orang Banyak Menyebut Tentang Tanaman ini. Dari Masalah Mitos, mistis Bahkan dalam Hal Kesehatan Alternatif Yang Berguna untuk Manusia. Pohon Kelor Sendiri Merupakan tanaman asli dan Warisan Budaya Indonesia, Dalam Ilmu Pengetahuan Biologi dikenal dengan sebutan Moringa Oleifera.‎

    Peluntur Ilmu Hitam.
    Tak Lepas dari Hal Mistis maupun Mitos yang Beredar, Daun Kelor Merupakan Senjata Ampuh Untuk Melumpuhkan Ilmu Hitam atau Karang. Diceritakan Bahwa Para Pendekar sakti Jaman dahulu Bila Berhadapan dengan Sihir dan Santet, Mereka Akan Menggunakan Daun Kelor Untuk Memukul dan Menyabetkan kepada Orang Tersebut. Ilmu yang Terkenal Jaman Dahulu adalah Rawa Rontek Misalnya, Yang Mempunyai Ilmu ini Tidak akan Bisa Mati Meski Sudah Di panah dan dibunuh Berkali-kali. Dikisahkan Ilmu Rawa Rontek Pernah dimiliki Si Pitung dari Betawi dan Sarip Tambak yoso, Yang Tidak Mudah Mati Meski di Tembak Berkali-kali Oleh Kompeni. Na'asnya Mereka Terbunuh Oleh Senjata Tajam yang Membawa Beberapa Daun Kelor Tersebut.

    Pengusir Mahluk Halus.
    Dalam Berbagai Cerita Mistis Terdapat Berbagai Judul Yaitu Penunggu Pohon Beringin, Penunggu Pohon Tua, Penunggu Pohon Jarak dan lain-lain. Namun Tak ada yang Menceritakan si Penunggu Pohon Kelor? Karena Pohon Kelorlah Yang Mereka Takuti. Di Lain Cerita Bila Ada Seseorang Yang Kesurupan atau Kerasukan Yang Sulit Di Disembuhkan atau Tak Mau di Mediasi, Maka Daun Kelor Solusi Terakhir Menjadi Alat Alternatif Untuk Mengusirnya (mahluk halus). Konon Katanya dengan Bersentuhan dengan Daun Kelor Orang Yang Kerasukan Akan Menjerit-jerit Tanpa Harus Menyabetkan Ke Tubuhnya. Sebagian Orang Masih Percaya Bahwa Daun Kelor Merupakan Tumbuhan Mistis Yang Sangat ditakuti Oleh Bangsa Lelembut atau Mahluk Tak Kasat Mata.

    Penangkal Sihir dan Santet.
    Di daerah Pedesaan dan Pedalaman, Daun Kelor Masih dipercaya Oleh sebagian Orang Untuk Menangkal Pengaruh Sihir dan Santet. Bukan Hanya itu saja, Daun Kelor Juga dipercaya Untuk menghilangkan Susuk Seseorang. Misalnya Susuk Untuk Kecantikan, Umumnya Siapa saja yang Punya Susuk Kecantikan apabila Orang Melihat Akan Nampak Sangat Cantik dan Menawan. Di Jaman Modern ini Keberadaan Susuk Kecantikan Masih Ada. Dan Tidak Mudah Menghilangkannya Kecuali Si Empunya yang Memakaikan Susuk itu. Apabila Memasang Susuk Niatnya Baik, Contoh Untuk Suami atau Untuk Apapun yang Sekiranya Baik. Susuk Itu akan Terlepas Sendiri Jika Ajalnya akan datang Sebelum 40 Hari. Namun Apabila Niatnya Memasang Susuk itu Jelek, Misal Untuk Merebut Pasangan dan Penghancur Rumah Tangga Orang, Tentu Susuk Itu akan Sulit Terlepas Bahkan Sampai dibawa Mati. Maka dari Itu Sebagian Masyarakat Awam Menggunakan Daun Kelor Untuk Memandikan Jenazah.

    Pengharum Jenazah.
    Keberadaan Pohon Kelor Atau Daun Kelor sangat dikenal di lapisan Masyarakat. Dari Nenek Moyang sampai Turun-Temurun Memandikan Jenazah Menggunakan Air Yang Sudah di Campur dengan Daun Kelor. Mereka Beranggapan, Dengan memakai Air dicampur Dengan Daun Kelor Untuk Memandikan Jenazah Akan Menghilangkan Bau Amis dan Anyir di Tubuh Mayit atau Jenazah Tersebut. Alasan Kedua Agar apabila Si Jenazah Mempunyai Ilmu Hitam Akan Membuat Ilmu Itu Hilang dalam Jasadnya. Pada Kebanyakan Orang Masyarakat di Jawa, Memandikan Jenazah Tanpa Daun kelor Akan Dirasa Kurang dan Bisa Menyalahi Aturan. Mereka Beranggapan Bahwa Memandikan Jenazah dengan Daun Kelor Akan Membuat Jenazah Itu Tidak Bau dan Menormalkan Aura Dari Perbuatan-perbuatan Jahatnya saat Hidup Di Dunia.

    Penyembuh Penyakit.
    Tak Hanya di kenal Oleh Masyarakat Indonesia, Daun Kelor pun Pernah Digunakan Untuk Menyembuhkan 300 Penyakit Oleh masyarakat ayurveda di India. Mereka ( masyarakat India) Percaya Bahwa Daun Kelor Merupakan Sarana Untuk Menyembuhkan Beberapa Penyakit Yang Sama di derita Oleh Beberapa Keluarga. Meski Merekapun Tidak Tahu dan Mengerti apa yang Sebenarnya yang Terdapat di dalam pohon atau Daun Kelor Tersebut. Hingga Mereka Meramu daun Kelor Tersebut Dan Menjadikan sebagai Minuman Teh di pagi Hari.

    Penelitian Daun Kelor.
    Karena Beberapa Hal Mistis Tentang Daun Kelor, penelitian ilmiah tentang Daun Kelor yang Sudah ada sejak dahulu diteliti secara ilmiah. Gunter Harnisch, Seorang ahli obat tradisional dalam pengantar buku mengenai kejaiban Pohon Kelor menyebutkan Bahwa Banyak keunggulan-keunggulan Yang Terdapat Pada tanaman Pohon Kelor tersebut karena berdasarkan Pada beberapa penelitian. Hal ini seperti yang diungkapkan Eko B. Walujo, Seorang Peneliti Senior Bidang Etnobotani Pusat Penelitian Biologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Yang membahas dan Berbicara Saat Seminar Ilmiah Tanaman Obat Kelor di Kantor Badan POM Jakarta pada tanggal 12 Agustus 2015 yang lalu.

    Kandungan Daun Kelor.
    Berikut Kandungan Berbagai Vitamin dan kalsium Yang Terdapat Dalam Daun Kelor dibandingkan dengan Daun-daun yang lain:‎
    - 2 kali lebih banyak dari protein pada kedelai.
    - 6 kali lebih banyak dari Vitamin C pada jeruk.
    - 4 kali lebih banyak dari Vitamin A pada wortel.
    - 4 kali lebih banyak dari kalsium pada susu.
    - 7 kali lebih banyak dari kalium pada pisang.
    - 7 kali lebih banyak dari vitamin B1 dan B2 pada ragi.
    - 6 kali lebih banyak dari polifenol pada anggur merah.
    - 4 kali lebih banyak dari asam folat pada hati sapi.
    - 4 kali lebih banyak dari vitamin E pada gandum.
    - 2 kali lebih banyak dari serat pada gandum.
    - 1,5 kali lebih banyak asam amino esensial pada telur.
    - 25 kali lebih banyak dari zat besi pada bayam.

    Adapun Manfaat Daun Kelor Antara Lain:
    1. Dapat Menurunkan tekanan darah tinggi.
    2. Memperbaiki kolesterol buruk.
    3. Meningkatkan kinerja Pada Jantung.
    4. Menurunkan kadar gula dalam darah.
    5. Antioksidan dan Menjaga kekebalan Tubuh.
    6. Anti Kanker dan Tumor.
    7. Mencegah Kerusakan Hati dan Ginjal.
    8. Mengatasi kemandulan.
    9. Menyembuhkan penyakit pembengkakan pada limpa.
    10. Mempercepat produksi sel darah merah.
    11. Memperkuat rahim.
    12. meringankan Asam urat dan Reumatik.
    13. Mencegah/menyembuhkan diabetes.
    14. Mengeluarkan Racun didalam Tubuh.

    Pengusaha Daun Kelor yang Terkenal saat ini adalah Ir. Ai Dudi Krisnadi dari Desa Ngawenombo, Kecamatan Kunduran,  Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Yang Telah Bekerja Sama dengan Seseorang Berkebangsaan Vietnam yang Bernama David Clifton. Menurut David, Daun Kelor Di Indonesia Adalah Yang Terbaik karena Nilai kandungan Vitamin dan Nutrisinya Tinggi. David Clifton  dan ir. Ai Didi akan bekerjasama  produksi aneka olahan Moringa oleifera atau Daun Kelor untuk memenuhi Permintaan pasar negara-negara di Amerika utara dan Benua Eropa.

    Menurut ir. Dudi Bahwa kandungan nutrisi adalah aspek paling penting yang  menjadi indikator kualitas Daun kelor Tersebut. Karena lembaga internasional seperti Food and Agricultural Organization (FAO) dan World Health Organization (WHO) mengklaim Bahwa daun Kelor atau moringa sebutan di dunia internasional sebagai super food karena kandungan nutrisi kelor yang Sangat luar biasa.

    Dikarenakan kandungan daun Kelor nutrisi yang tinggi, beberapa negara Ingin memanfaatkan kelor untuk mengatasi masyarakat yang kekurangan gizi atau Gizi buruk.  David juga Menambahkan moringa juga menjadi salah satu sumber nutrisi masyarakat di Eropa yang peduli akan hidup sehat. “Masyarakat di sana  mengolah serbuk moringa menjadi salah satu bahan smoothie,” kata David Clifton.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    agama

    +