Install Aplikasi Selain di Google Play Waspada 5 Bahayanya

Waspada Virus di Dalam Aplikasi

aplikasigoogleplay

Perlu di ingat Bahwa Sudah bukan suatu rahasia lagi bahwasanya Smartphone android terkait dengan sebuah Email (GMAIL) untuk mengakses aplikasi Google Play Store diperlukanlah akun tersebut untuk melakukan unduhan. serta suatu saat email Tersebut akan dimintai melakukan pembaruan aplikasi dengan versi terbaru secara manual dengan Data dan Otomatis bila Tersambung Wifi.

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh pengguna smartphone android maupun Tablet, karena pihak google sangat menyarankan untuk melakukan Install serta pemasangan aplikasi Melalui antarmuka aplikasi di google play atau di Play store.

Bukan tidak beralasan ketika google sebagai sang Developer Android menyarankan pengguna perangkat bersistem android tersebut untuk mengunduh setiap aplikasi dari market miliknya yaitu google play store, yang mana pihak google sendiri telah meyakinkan para pengguna smartphone android bahwa dari sisi keamanan dan juga kompatibilitas versi dengan beberapa perangkat android bisa dipertanggung jawabkan keberadaannya.

Kita Juga Mengetahui Bahwa Tidak sedikit saat ini bertebaran berbagai market aplikasi di internet, yang menawarkan bentuk mentah dari sebuah file instalasi aplikasi. file tersebut biasanya berbentuk file APK yang dapat disimpan dan dipasang secara manual Di Smartphone atau Tablet. Hal ini jelas tidak akan ditemui di market google play yang proses unduhan dan installasi harus melalui antarmuka dari halaman google play itu sendiri.

Namun bila kita Melihat Memang ada Beberapa keuntungan mengunduh aplikasi berupa file .APK dari berbagai market APL yang ada di Internet, seperti halnya ketika ingin mengunduh versi tertentu dari sebuah aplikasi, bisa memilih dengan leluasa, atau bahkan ingin mengkoleksi beberapa file-file aplikasi untuk keperluan tertentu bisa saja hal tersebut dilakukan, Tapi tidak untuk aplikasi di google play store.

Di balik keuntungan mengunduh dan menginstall file aplikasi dari selain google play store ternyata ada banyak kerugian yang didapat, diantaranya sebagai berikut :


1. Masuknya virus Malware.
Banyak Beberapa oknum developer aplikasi yang 'nakal' yaitu melakukan injeksi script virus atau malware dibalik aplikasi yang dibuatnya. Bisa diketahui bahwa para pembuat aplikasi yang ingin berbuat curang tersebut tidak berani melakukan upload aplikasi buatannya ke google play store dan memilih market lain atau situs lain yang tidak banyak syarat keamanan seperti layaknya google play store. Jadi salah satu yang harus dikhawatirkan ketika ingin melakukan unduhan dan memasang aplikasi dari market-market APL selain play store google sebaiknya waspada karena bisa saja aplikasi yang kita unduh mengandung malware / virus.

Memang tidak seluruh aplikasi di market selain play store bisa membawa malware, tips yang paling jitu ketika ingin sekali mengunduh aplikasi selain dari play store yakni baca dan lihat dahulu berbagai testimoni serta review aplikasi bersangkutan di berbagai forum Android, bilamana banyak yang memberi nilai bagus dan terlihat aman silahkan saja mengunduh aplikasi tersebut.


2. Tidak ada Update aplikasi.
Dengan melakukan instalasi aplikasi file APK dari market selain google play store tentunya kita tidak akan mengetahui apakah ada versi terbaru atau tidak karena file aplikasi yang terinstall tidak terdeteksi oleh server play store. Padahal untuk semua aplikasi yang terinstall di ponsel android selayaknya selalu dalam kondisi up-todate untuk menjaga performa aplikasi tetap prima.


3. Terinstall aplikasi mencurigakan.
Banyak sekali pengguna HP android yang mengeluhkan adanya aplikasi lain yang turut terinstall sesudah mengunduh dan memasang file apk dari selain play store. Hal tersebut bukan rahasia lagi bahwasanya banyak diantara pengembang aplikasi yang nakal menginjeksi aplikasi dengan aplikasi lain tanpa sepengetahuan si pengguna.


4. HP Sering Muncul Iklan.
Banyak juga aplikasi yang terlihat bagus fungsinya namun ternyata ada script iklan yang tiba-tiba muncul walau tidak dalam keadaan membuka aplikasi yang bersangkutan. Kemungkinan iklan tersebut sengaja dipasang oleh sang developer Aplikasi untuk tujuan tertentu yang pasti untuk menguntungkan dirinya.


5. Boros kuota Data.
Bahaya melakukan pemasangan aplikasi dari selain google play atau play store yaitu boros atau Tersedotnya kuota data Internet. Karena salah satu penyebab boros kuota di smartphone yaitu seringnya iklan muncul ketika terhubung ke internet. Adanya virus dari aplikasi yang tetap berjalan di stand siaga sehingga tanpa sadar dan secara terus menerus melakukan sinkron Online dengan server si pembuat virus dan beberapa penyebab aplikasi lain.

Author

AriefTewe AriefTewe

Posting Komentar