• Jelajahi

    Copyright © Tewe My ID
    Best Templates

    Ads

    Author Details

    Belajar Menjadi Youtuber Pemula

    AriefTewe
    Sabtu, 12/05/2020 06:17:00 PM WIB Last Updated 2020-12-05T11:17:43Z

    Halo sahabat, semoga Dengan Postingan Tentang Kelas Youtuber- Cara Jadi YouTuber Sukses Bisa dipahami. Postingan ini Kami buat buat membagikan panduan untuk para YouTuber pendatang baru maupun orang yang ingin sukses di dunia YouTube serta memperoleh pemasukan dari situ.



    Post ini terbuat berawal dari kelas seragam yang Kami buat tadinya yang memperoleh bersemangat luar biasa. Tetapi sayang masih banyak orang yang tidak dapat menjajaki Kelas Online Metode Jadi YouTuber Sukses. Dengan niatan mau berbagi dengan mereka yang mau sukses di dunia YouTube tetapi tidak dapat menjajaki kelas berbayar inilah akhirnya membuat postingan ini timbul.


    Bimbingan yang Kami sediakan di tewe.my.id ini merupakan bahan yang sama dengan yang di bagikan di Kelas Online Metode Jadi YouTuber Sukses cuma saja dengan format berbeda, ialah cuma dengan format bacaan/ tulisan saja.


    Apa yang Kami sediakan di website ini seluruhnya merupakan pengalaman Kami sepanjang meningkatkan channel YouTube. Dikala ini channel YouTube hadapi pertumbuhan cocok dengan tahapan yang sudah Kami rencanakan serta jadi salah satu sumber pemasukan untuk Kami dengan nominal yang lumayan menggembirakan.


    Kami berharap dengan memberikan pengalaman sepanjang meningkatkan channel YouTube bisa membagikan pedoman untuk sahabat yang mau konsen meningkatkan channel YouTube serta berpenghasilan dari situ.


    Supaya lebih maksimal dalam menekuni bimbingan metode sukses meningkatkan channel YouTube secara utuh serta bisa langsung diaplikasikan ke channel sahabat, Kami sarankan sahabat membacanya sesi demi sesi cocok dengan urutan yang sudah kami susun di postingan ini. Kelas YouTuber- Cara Jadi YouTuber Sukses ini Kami susun bersumber pada konsep kurikulum yang terstruktur dengan harapan bisa mempermudah sahabat dalam mempelajarinya. 


    YouTube merupakan salah satu aplikasi media sosial yang pertumbuhan penggunanya cukup pesat di Indonesia. Menurut data yang Kami dapatkan dari Goggle, dari jumlah pengguna internet di Indonesia yang jumlahnya lebih dari 170 juta jiwa ini, 9 dari 10-nya menonton YouTube secara berkala dimana 53%nya menonton YouTube setiap hari. Wooooww tentu angka yang sangat besar sekali untuk sebuah komunitas/target pasar yang bisa digarap tentu saja. 


    Selain itu, dari sisi demografi juga cukup menggembirakan datanya dimana sebagian besar penonton YouTube itu didominasi oleh pengguna beumur muda. Lebih dari ¾ penonton YouTube berada di usia produktif dimana mereka setiap harinya selalu menghasilakan pendapatan. Hal ini selaras dengan data dari sisi ekonomi, dimana sekitar 60% pengguna YouTube itu dari kelas ekonomi AB atau kelas menengah ke atas sedangkan sisanya baru bertipekal ekonomi menengah ke bawah. Selain itu, 68% persen penonton YouTube itu berada di perkotaan sedangkan sisanya berada di pinggiran. 


    Dengan menelaah data ini Kami mau bilang bahwa potensi pasar di YouTube itu sangat bagus, dimana secara size market sangat besar ditambah lagi secara ekonomi juga mereka bagus. Artinya mereka ini potensi pasar yang jika Kita mau jualan disana pasti lakunya. Dan kondisi ini saat ini banyak dimanfaatkan oleh banyak perusahaan besar dengan berlomba genjot iklan di YouTube. Mereka berlomba untuk mendapatkan penjualan dari sana tentu saja.


    Terus apa yang bisa kita kerjakan? Bagi kita yang memang tidak memiliki bisnis secara langsung, kita bisa mengambil peran sebagai seorang content creator yang menghadirkan video tontonan di sana. Menjadi seorang content creator di YouTube juga mempunyai potensi pendapatan yang cukup besar. Soal berapa potensi pendapatan ini akan kami ulas di sesi berikutnya.


    Jadi sekali lagi, sangat disayangkan jika Kita tidak bisa mengambil bagian dari dunia per-YouTube-an di Indonesia. 


    Dalam membuat setiap konten video di YouTube di channel Kami membutuhkan beberapa peralatan produksi diantaranya:


    Kamera

    Dalam membuat sebuah video tentu peralatan yang pertama harus ada adalah kamera. Upayakan kamera yang digunakan mempunyai kualitas yang bagus sehingga hasilnya pun juga baik. Ini sangat penting untuk memberikan pengalaman menonton video yang bagus bagi para audiens Kita.


    Adapun Kamera yang Kami gunakan untuk memproduksi video di channel YouTube di awal-awal mengembangkan channel adalah handycam Sony CX405, sempat ganti ke kamera DSLR Canon EOS 600D, dan saat ini konsisten menggunakan kamera mirorless Canon EOS M50. 


    Dari waktu ke waktu Kami berupaya memperbaiki kualitas video Kami dengan menggunakan kamera yang lebih baik. Seperti Kami sebutkan di awal bahwa kualitas video yang bagus akan memberikan pengalaman menonton yang bagus pula, maka dari itu Kami mencoba untuk terus memperbaiki kualitas video kami.


    Soal menggunakan kamera apa tentu saja teman-teman dapat memilih kamera yang mau digunakan, ada banyak jenis kamera yang bisa digunakan. Tentunya hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki. Karena jujur saja, untuk kamera dengan kualitas yang baik juga harganya lumanya.


    Terus kalau tidak bisa beli kamera bagus bagaimana?


    Teman-teman jangan kawatir soal ini, untuk membuat video teman-teman dapat menggunakan kamera smartphone yang teman-teman miliki. Saat ini, banyak sekali YouTuber sukses itu berawal dengan hanya menggunakan kamera handphone. Nah soal ini, nanti akan Kami bahas di sesi berikutnya.

     

    Microphone

    Jika teman-teman sudah lama berkecimpung di dunia YouTube tentu sangat faham soal ini. Di YouTube, kualitas video itu bisa tidak bagus namun kualitas audio dilarang jelek. Rata-rata penonton di YouTube biasanya lebih toleran terhadap video dengan kualitas gambar yang biasa saja namun dengan audio yang baik, daripada video dengan kualitas tinggi namun audionya tidak terlalu jelas.


    Untuk menjaga kualitas video ini, Kami menggunakan tiga jenis microphone, yang pertama adalah microphone kondensor Tafffware BM700 yang saat ini sering Kami gunakan dalam setiap video kami. Selain itu kadang kami juga menggunakan microphone shootgun bermerek Rode, mik ini kami gunakan ketika membuat video sedikit mobile. Dan microphone ketiga yang Kami gunakan adalah microphone wireless Boya BY WM8 Pro K2 UHF Dual Channel Wireless Lavalier System, microphone ini biasa kami gunakan untuk membuat video di luar ruangan.


    Nah teman-teman bisa memilih jenis microphone apa yang mau digunakan dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki. 


    Tripod

    Selain Kamera dan Microphone, untuk menghasilkan video yang bagus bisa menggunakan tripod, ini berfungsi untuk menjaga kestabilan video yang kita hasilkan. Ada banyak tripod dengan harga yang bervariatif, silahkan teman-teman bisa menggunakan tripod sesuai dengan budget tentu saja.


    Lighting

    Penggunaan lighting pada setiap video sangat baik efeknya, karena akan memberikan kenyamanan pada penonton untuk melihat wajah Kita pada video. Selain itu fungsi efek cahaya sangat beragam bisa mempelajarinya sendiri di google.


    Salah satu fungsi dari lighting atau pencahayaan adalah menciptakan suasana. Dengan pengaturan cahaya dapat menciptakan suasana berbeda yang dibuat oleh pemeran dengan didukung oleh cahaya. Contohnya jika suasana sedang sedih lighting sedikit lebih di redupkan.


    Tips sederhana jika teman-teman tidak punya lighting coba deh duduk di depan jendela kamar anda dan letakkan kameranya di jendela lalu mulailah buat video. Dan perhatikan hasilnya, pasti keren deh cahayanya. Waktu yang pas antara kisaran pukul 10 pagi sampai dengan 3 sore (jika tidak mendung ya). Atau teman-teman juga bisa menggunakan lampu belajar yang harganya cukup murah. 


    Laptop Atau Komputer

    Peralatan untuk membuat video di YouTube berikutnya adalah laptop atau komputer untuk mengedit video, upload dan lain lain. Jika teman-teman minim budget cobalah beli laptop second yang penting memiliki spek editing dan masih mulus juga bisa terpakai.


    Software Editing

    Setiap video yang diupload di YouTube sebaiknya melalui tahap editing terlebih dahulu, seperti memberikan intro, menambahkan musik dan efek efek lainnya. Jadi, mau tidak mau teman-teman harus belajar cara editing video, walaupun itu sekedar edit yang simple-simple saja.


    Untuk software editing sendiri sangat banyak sekali, contohnya iMovie, Adobe Premier, camtasia, movavi video editor dan lain lain. Semua itu sangat simple pengaplikasiannya dalam editing jadi untuk pemula cocok banget. Saya sendiri menggunakan adobe premier pro untuk software editing.


    Internet

    Jaringan internet sangat dibutuhkan untuk mengupload hasil karya teman-teman ke YouTube. Teman-teman dapat memasang jaringan internet di rumah seperti indi home atau provider lainnya agar lebih bebas unggah video tanpa berbatas kuota. Kecepatan unggah video juga terpengaruh oleh kecepatan internet.


    Makin cepat internet makin cepat juga proses unggahnya. Namun menurut Kami kecepatannya yang standar saja sudah cukup. Toh kita upload video di rumah dan tidak ada batasan waktu kapan harus selesai.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini