Isi Perjanjian Google Play Book

Jika Kamu Sedang Mencari dan Mempelajari Cara Upload Buku di Google Play Book, Maka Pelajari Dahulu Isi Perjanjian Google Play Book atau Google Buku. Karena Tanpa Mengetahui Perjanjian antara Kita dan Google Buku, Tentu Kita Akan Bisa Melanggar Kebijakan Yang sudah Di Atur dalam Google Play Book ini. Dan Akan Berakhir dengan Penolakan dan Bisa saja Tidak Bisa Upload atau Melakukan Revisi kembali, Seperti Yang Saya Alami Beberapa Bulan Yang Lalu. Maka dari Itu Saya Posting Perjanjian Google Play Book, Agar Rekan-rekan Juga Bisa Belajar dari Pengalaman saya.


Google Buku

Perjanjian Google Buku dan Google Play Buku ini beserta setiap lampirannya ("Perjanjian") disepakati oleh Google LLC yang memiliki tempat utama bisnis di 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, AS ("Google LLC"); dan pemegang akun Google Play Buku. Dalam perjanjian ini, pemegang akun Google Play Buku akan disebut sebagai "Penerbit".

Perjanjian ini akan mulai berlaku ketika tombol "Terima dan Setujui" di bawah diklik oleh atau atas nama Penerbit ("Tanggal Efektif"). Jika Anda menerima Perjanjian ini atas nama Penerbit, Anda setuju bahwa (a) Anda memiliki kewenangan hukum penuh untuk mengikat entitas tersebut dengan Perjanjian ini, dan (b) Anda menyetujui, atas nama Penerbit, persyaratan dan ketentuan Perjanjian ini. Jika Anda tidak memiliki kewenangan hukum untuk mengikat Penerbit dengan Perjanjian ini, atau tidak menyetujui Perjanjian ini, harap tidak mengklik tombol “Terima dan Setujui” di bawah.


PENDAHULUAN

(A) Penerbit mengembangkan, memasarkan, memproduksi, dan mendistribusikan Judul Resmi tertentu (sebagaimana didefinisikan di bawah).

(B) Penerbit dan Google ingin menyepakati Perjanjian ini dan, berdasarkan Perjanjian ini, Penerbit mengizinkan Google untuk: menyalin, menyimpan, dan menghosting Judul Resmi tertentu; menampilkan bagian dari Judul Resmi tersebut kepada pengguna akhir Layanan Google untuk keperluan mempromosikan Judul Resmi; dan memungkinkan Pengguna Akhir membeli akses ke (antara lain) teks lengkap Judul Resmi yang dipilih oleh Penerbit untuk disediakan bagi penggunaan tersebut.


PERSYARATAN YANG DISETUJUI


1. Definisi

1.1 Dalam Perjanjian ini, kecuali jika secara tegas dinyatakan lain:

"Afiliasi" berarti entitas apa pun yang secara langsung atau tidak langsung mengontrol, atau dikontrol oleh, atau berada di bawah kontrol yang sama dengan, salah satu pihak.

"Judul Resmi" berarti karya sastra yang dikembangkan, dipasarkan, diproduksi, dan didistribusikan oleh Penerbit, yang disediakan oleh Penerbit kepada Google berdasarkan Perjanjian ini untuk disertakan dalam layanan Google Buku dan/atau Google Play Buku melalui salah satu cara yang dijelaskan dalam Bagian 2.

'Fitur Merek" memiliki pengertian sebagaimana dijelaskan untuk istilah tersebut dalam Bagian 3.9.

"Informasi Rahasia" berarti informasi yang diungkapkan oleh atau atas nama Google (atau Afiliasi Google) kepada Penerbit, atau oleh atau atas nama Penerbit kepada Google (atau Afiliasi Google) sehubungan dengan atau sebagai antisipasi atas Perjanjian ini yang ditandai sebagai rahasia, atau yang berdasarkan sifat, isi, atau keadaan saat informasi tersebut diungkapkan, dapat secara wajar dianggap rahasia. Informasi Rahasia tidak mencakup informasi yang telah diketahui oleh penerima, yang telah menjadi pengetahuan publik sebagai akibat dari kesalahan yang tidak dilakukan oleh penerima, yang dikembangkan secara independen oleh penerima, atau yang diberikan secara sah oleh pihak ketiga kepada penerima.

"Halaman Kutipan Konten" berarti citra digital dari Konten Penerbit (atau sejumlah yang setara dari Konten Penerbit dalam format lain) dan materi lain yang ditentukan oleh Google.


"Tahun Kontrak" memiliki pengertian sebagaimana dijelaskan untuk istilah tersebut dalam Bagian 8.3.

"Perangkat E-Reader" berarti segala perangkat yang memberikan akses ke buku digital.

"Pengguna Akhir" berarti pengguna akhir yang mengakses atau menggunakan Layanan Google.

"Grup Keluarga" berarti sebuah kelompok yang terdiri dari maksimal enam (6) Pengguna Akhir.

"Pengelola Akun Keluarga" berarti anggota Grup Keluarga yang:


(a) merupakan Pengguna Akhir; dan

(b) bertanggung jawab mengelola berbagai aspek akun Grup Keluarga, sebagaimana dijelaskan lebih lanjut dalam Perjanjian ini.

"Metode Pembayaran Keluarga" berarti metode pembayaran yang dikendalikan oleh Pengelola Akun Keluarga yang dapat digunakan oleh anggota Grup Keluarga mana pun untuk menyelesaikan pembelian di Layanan Google.

"Berbagi dengan Anggota Keluarga" berarti bahwa Pengguna Akhir dalam sebuah Grup Keluarga dapat membeli satu salinan judul Google Play Buku dan membagikannya kepada anggota lain dalam Grup Keluarganya.

"Harga Akhir Tetap" memiliki pengertian sebagaimana dijelaskan untuk istilah tersebut dalam Bagian 4.2.

"Harga Bersih Tetap" berarti Harga Akhir Tetap untuk Google Play Buku yang terkait, tidak termasuk semua pajak yang berlaku.

"Google Buku" berarti Layanan Google yang memungkinkan Pengguna Akhir untuk menelusuri teks buku dan konten cetak lainnya serta menampilkan beberapa bagian, atau pada kasus tertentu, semua bagian dari konten tersebut, terlepas dari nama apa pun yang mungkin diberikan Google untuk program tersebut dari waktu ke waktu.

"Google Payments" berarti Afiliasi Google yang dari waktu ke waktu diberi kewenangan oleh Google untuk memproses dan melakukan pembayaran ke Penerbit berdasarkan Perjanjian ini atas nama Google. Peran Google Payments dijelaskan lebih lanjut dalam Lampiran A.

"Google Play Buku" berarti salinan digital dari suatu Judul Resmi yang dipilih oleh Penerbit dalam Akun Penerbit agar dapat diakses untuk dijual kepada Pengguna Akhir berdasarkan Perjanjian ini. Google Play Buku akan mencakup semua Konten Penerbit dalam Judul Resmi yang terkait.

"Layanan Google" berarti setiap produk, layanan, atau teknologi yang dari waktu ke waktu disediakan atau dikembangkan oleh atau atas nama Google atau Afiliasi Google mana pun. Layanan Google mencakup produk, layanan, dan teknologi yang dapat diakses melalui dan disediakan oleh berbagai teknologi komputer dan elektronik, jaringan (tersindikasi dan lainnya), dan sistem, termasuk, layanan nirkabel seluler dan layanan berbasis Internet yang dapat diakses melalui situs Google atau Afiliasi Google mana pun dan situs Partner Sindikasi mana pun.

"Hak Atas Kekayaan Intelektual" berarti semua hak cipta, hak moral, hak paten, merek dagang, hak desain, hak pada atau sehubungan dengan database, hak pada atau sehubungan dengan informasi rahasia, hak sehubungan dengan nama domain, dan hak atas kekayaan intelektual lain apa pun (yang terdaftar atau pun tidak terdaftar) di seluruh dunia.

"Harga Jual" berarti harga yang direkomendasikan oleh Penerbit sebagai harga jual Google untuk setiap Google Play Buku, tidak termasuk semua pajak yang berlaku.

"Kebijakan Program" berarti kebijakan program yang berlaku saat itu untuk layanan Google Play Buku, sebagaimana dipublikasikan dari waktu ke waktu oleh Google dan yang saat ini tersedia di http://books.google.com/support/partner/bin/answer.py?answer=166501.


"Akun Penerbit" berarti akun yang dimiliki oleh Penerbit sehubungan dengan keikutsertaannya dalam layanan Google Buku dan Google Play Buku.

"Konten Penerbit" berarti semua konten yang terkandung dalam Judul Resmi, termasuk tetapi tidak terbatas pada semua teks, gambar, foto, ilustrasi, materi, dan karya seni yang terkandung baik dalam Judul Resmi maupun pada setiap jaket dan sampul.

"Konten yang Dibeli" berarti Google Play Buku yang telah dibeli oleh Pengguna Akhir.

"Pembagian Pendapatan" adalah persentase pendapatan yang harus dibayarkan kepada Penerbit sebagaimana dijelaskan dalam Bagian 5.1 (Pembagian Pendapatan).

"Hasil Penelusuran" berarti hasil dan iklan terkait (jika ada) yang ditampilkan oleh Google atau Afiliasi Google mana pun kepada Pengguna Akhir sebagai respons atas permintaan Pengguna Akhir.

"Partner Sindikasi" berarti setiap pihak ketiga yang telah menyepakati perjanjian tertulis dengan Google atau Afiliasi Google mana pun yang membolehkan pihak ketiga tersebut untuk menerapkan Layanan Google tertentu sebagai bagian dari layanan dan/atau produknya sendiri sesuai dengan perjanjian tersebut sedemikian rupa sehingga Layanan Google yang terkait tersedia bagi pengguna akhir mereka sendiri.

"PajakTransaksi" berarti semua jenis pajak apa pun yang diwajibkan (oleh otoritas perpajakan pemerintah apa pun) untuk ditagih oleh Penerbit kepada Google (termasuk, tetapi tidak terbatas pada, pajak pertambahan nilai (PPN), pajak barang dan jasa (GST), pajak penjualan, dan pajak transfer)."Wilayah" berarti wilayah yang ditetapkan oleh Penerbit dalam Akun Penerbit yang berlaku untuk Google Play Buku.

Kata "mencakup" dan "termasuk" tidak akan membatasi sifat umum dari kata apa pun yang mendahuluinya.

"Orang" mencakup individu, badan hukum, atau bukan badan hukum (terlepas dari ada tidaknya kepribadian hukum tersendiri).


2. Penetapan dan Penyerahan Judul Resmi

2.1 Penerbit akan menetapkan Judul sebagai Judul Resmi dengan menyerahkan Judul Resmi dalam format digital secara langsung kepada Google.

2.2 Penerbit akan menyerahkan Judul Resmi kepada Google dalam format digital yang disetujui oleh Google. Penerbit akan menyerahkan Judul Resmi tahap pertama kepada Google dalam waktu 30 hari sejak Tanggal Efektif. Penerbit dapat terus menyerahkan Judul Resmi kepada Google dengan cara yang dijelaskan dalam Bagian ini sepanjang masa berlakunya Perjanjian ini. Semua penyerahan Judul Resmi akan dilakukan sesuai dengan petunjuk Google, sebagaimana diberitahukan kepada Penerbit dari waktu ke waktu dan dengan biaya yang ditanggung oleh Penerbit. Penerbit juga akan memberikan dukungan teknis, secara cuma-cuma, sebagaimana yang diperlukan secara wajar untuk mentransfer Judul Resmi apa pun.


3. Penggunaan Konten

3.1 Otorisasi dari Penerbit. Penerbit meminta dan memberikan otorisasi kepada Google di seluruh dunia, secara non-eksklusif, untuk:

(a) men-transcoding dan mengadaptasi Konten Penerbit dan/atau Google Play Buku agar Konten Penerbit dan/atau Google Play Buku tersebut dapat ditampilkan atau diakses dalam format digital lain dan/atau pada Perangkat E-Reader tertentu;

(b) mengindeks Konten Penerbit dan menyimpan Konten Penerbit (dan salinannya) di server yang dihosting oleh atau atas nama Google;

(c) menggunakan Konten Penerbit untuk membuat, dan untuk menghosting, menyimpan, mengoperasikan, memelihara, dan menyediakan, Halaman Kutipan Konten (yang dapat diubah oleh Google dari waktu ke waktu);

(d) menyalin, mereproduksi, memajang, memeragakan, mengadaptasi, menggunakan, mengomunikasikan, dan menjadikan Konten Penerbit tersedia bagi publik (seluruhnya atau sebagian) sebagai bagian dari dan/atau melalui Layanan Google (atau salah satu darinya);

(e) mempromosikan dan memasarkan serta menjual Google Play Buku;

(f) menggunakan, menyalin, mereproduksi, memajang, menyimpan, memeragakan, mengadaptasi, menampilkan, memutar, dan mendistribusikan Google Play Buku, mengkomunikasikan, menjadikan tersedianya, dan menjadikan tersedianya salinan dari Google Play Buku (yang pada setiap kasusnya termasuk dengan cara menyimpan di cache, melalui Layanan Google, melalui situs dan aplikasi pihak ketiga, dan/atau Perangkat E-Reader), yang pada setiap kasusnya dimaksudkan agar Pengguna Akhir dapat menerima, menggunakan, memeragakan, mengadaptasi, memperlihatkan, memutar, memajang, mendownload, menyimpan, mengakses, menampilkan, menyalin, memperbanyak, memublikasikan, menempel, mencetak, atau menganotasi Konten yang Dibeli (dan membagikan anotasi) serta melakukan tindakan tersebut sebagaimana diizinkan oleh hukum yang berlaku dan/atau yang dimungkinkan oleh fungsionalitas yang disediakan dari waktu ke waktu oleh Layanan Google dan/atau Perangkat E-Reader;

(g) menyediakan kepada Pengguna Akhir file download Konten yang Dibeli sebagaimana dijelaskan dalam Bagian 3.5 (Pengelolaan Hak Digital) secara langsung dan melalui pihak ketiga, termasuk agar Pengguna Akhir dapat mengakses dan menampilkan Konten yang Dibeli pada Perangkat E-Reader dan agar Google dapat menyediakan file download Konten yang Dibeli secara langsung ke Perangkat E-Reader;

(h) memberi Pengguna Akhir hak yang berlaku terus-menerus dan tidak dapat dicabut atas Konten yang Dibeli, terlepas dari dihentikannya Perjanjian ini;

(i) mengizinkan Pengguna Akhir untuk menyimpan dan menampilkan pratinjau Judul Resmi, termasuk (sehubungan dengan Google Play Buku) saat tidak tersambung ke Internet, yang pada setiap kasusnya sesuai dengan Bagian 3.11 (Pratinjau); dan

(j) menggunakan, menyalin, memajang, menyimpan, memeragakan, memperlihatkan, memutar, mengadaptasi, dan mendistribusikan Konten yang dibeli, mengomunikasikan, menjadikan tersedianya, dan menjadikan tersedianya salinan dari Konten Penerbit untuk keperluan: (i) mendukung secara teknis setiap butir (a) hingga (i) di atas; dan/atau (ii) pengujian.


3.2 Otorisasi untuk Berbagi dengan Anggota Keluarga.

(a) Hak, otorisasi, dan lisensi yang diberikan oleh Penerbit kepada Pengguna Akhir berdasarkan Perjanjian ini untuk Google Play Buku dan Konten yang Dibeli diberikan oleh Penerbit kepada setiap anggota Grup Keluarga yang berlaku untuk keperluan Berbagi dengan Anggota Keluarga.

(b) Hak, otorisasi, dan lisensi yang diberikan oleh Penerbit kepada Google berdasarkan Perjanjian ini (termasuk, tanpa pembatasan, berdasarkan Bagian 3.1 (Otorisasi dari Penerbit) memungkinkan Google untuk menjadikan Google Play Buku dan Konten yang Dibeli yang berlaku tersedia bagi setiap anggota Grup Keluarga yang berlaku dengan cara yang sama seperti bagi Pengguna Akhir yang membeli Konten yang Dibeli yang berlaku.

3.3 Wilayah. Google akan menggunakan upaya yang wajar secara komersial untuk membatasi penjualan Google Play Buku kepada Pengguna Akhir yang berada di Wilayah, tetapi setelah dibeli, Pengguna Akhir dapat mengakses dan menampilkan Konten yang Dibeli di lokasi mana pun. Google tidak menyatakan atau menjamin bahwa segala langkah yang diambil olehnya untuk membatasi penjualan kepada Pengguna Akhir yang berada di Wilayah sesuai dengan Bagian 3.3 (Wilayah) ini pada setiap kasusnya akan efektif, dan Penerbit memahami bahwa pada beberapa kasus, Google Play Buku mungkin dapat dibeli oleh Pengguna Akhir yang berada di luar Wilayah. Penerbit setuju bahwa pembelian semacam itu tidak merupakan pelanggaran terhadap Perjanjian ini.

3.4 Salin/Tempel dan Cetak. Akun Penerbit akan memungkinkan Penerbit memilih setelan salin/tempel dan cetak untuk Konten yang Dibeli sebagaimana dijelaskan lebih lanjut dalam Kebijakan Program.

3.5 Pengelolaan Hak Digital. Penerbit harus memilih dalam Akun Penerbit apakah akan mengizinkan download Konten yang Dibeli dengan pembatasan Pengelolaan Hak Digital ("DRM") atau mengizinkan download Konten yang Dibeli tanpa pembatasan DRM.

(a) Download tanpa Pembatasan DRM. Jika Penerbit memilih bahwa download Konten yang Dibeli diizinkan tanpa pembatasan DRM, maka segala pembatasan terkait salin/tempel dan pencetakan yang ditetapkan oleh Penerbit tidak akan berlaku untuk salinan yang didownload tersebut.

(b) Download dengan Pembatasan DRM. Jika Penerbit memilih bahwa download Konten yang Dibeli akan dikenai pembatasan DRM, maka Google akan menerapkan DRM standar industri sebagaimana dijelaskan lebih lanjut dalam Kebijakan Program.

3.6 Kebijaksanaan Google. Google dapat berhenti memindai, mengindeks, dan menghosting Judul Resmi dan menampilkan Halaman Nukilan Konten; dan/atau menjual, mendistribusikan, atau menggunakan Google Play Buku apa pun kapan saja atas kebijaksanaannya sendiri. Tanpa membatasi apa pun yang disebutkan sebelumnya, Google tidak menyatakan atau pun menjamin bahwa pihaknya akan menggunakan atau terus menggunakan setiap Judul Resmi yang dikirim oleh Penerbit ke Google. Jika Google menghentikan atau menangguhkan layanan yang digunakannya untuk menjual Google Play Buku kepada Pengguna Akhir, maka Google akan membayarkan saldo yang diperoleh Penerbit dalam waktu 90 hari sejak Google menangguhkan atau menghentikan layanan itu. Semua penjualan sebelum penangguhan atau penghentian layanan oleh Google akan tetap bertahan terlepas dari penangguhan atau penghentian tersebut.

3.7 Afiliasi. Google dapat mengizinkan Afiliasinya yang mana pun untuk melaksanakan hak Google berdasarkan Perjanjian ini, atau melaksanakan setiap kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini, asalkan Google akan bertanggung jawab atas setiap pelanggaran Perjanjian ini oleh Afiliasinya. Google juga dapat memberikan otorisasi kepada pihak-pihak berikut untuk melaksanakan hak Google berdasarkan Perjanjian ini: (a) Pengguna Akhir dan pihak ketiga sehubungan dengan pelaksanaan hak berdasarkan Perjanjian ini; dan (b) Partner Sindikasinya, sehubungan dengan penggunaan, penyediaan, dan pengoperasian pratinjau yang tersedia di Google Buku yang disediakan oleh setiap Partner Sindikasi kepada pengguna akhirnya sendiri.

3.8 Kebijakan Program. Penerbit akan mematuhi Kebijakan Program. Google dapat mengubah Kebijakan Program atas kebijaksanaan mutlaknya dari waktu ke waktu dengan menyampaikan pemberitahuan kepada Penerbit.

3.9 Hak Kepemilikan dan Hak Atas Kekayaan Intelektual. Kecuali sejauh yang secara tegas dinyatakan lain dalam Perjanjian ini, tidak ada pihak yang akan memperoleh hak, kuasa, atau kepentingan atas segala hak kepemilikan dan/atau Hak Atas Kekayaan Intelektual milik pihak lainnya, atau pemegang lisensi pihak lainnya. Kecuali jika dinyatakan lain di sini, Perjanjian ini tidak memengaruhi hak atau pembelaan apa pun yang akan dimiliki salah satu pihak, terlepas dari Perjanjian ini, termasuk hak berdasarkan Undang-Undang Hak Cipta AS atau undang-undang sejenis di wilayah hukum lainnya.

3.10 Fitur Merek. Penerbit memberi Google lisensi non-eksklusif, berlaku di seluruh dunia, dan bebas royalti untuk menggunakan merek dagang, nama dagang, desain, dan logonya ("Fitur Merek"), semata-mata untuk digunakan sehubungan dengan Konten Penerbit dan Google Play Buku, dan/atau dalam presentasi, materi pemasaran, daftar pelanggan, laporan keuangan, dan listingan situs pelanggan, serta penggunaan lainnya sebagaimana ditentukan dalam Perjanjian ini. Semua penggunaan Fitur Merek Penerbit, dan semua reputasi yang terkait dengan penggunaan tersebut, akan berlaku semata-mata demi kepentingan Penerbit. Tunduk pada lisensi tersurat yang diberikan berdasarkan Bagian ini, hak, kuasa, dan kepentingan pada dan atas Fitur Merek Penerbit adalah milik dan akan tetap menjadi milik Penerbit.


3.11 Pratinjau. Google akan melakukan upaya yang wajar secara komersial untuk memastikan bahwa:

(a) total bagian dari Judul Resmi apa pun yang ditampilkan oleh seorang Pengguna Akhir lewat Halaman Kutipan Konten melalui Google Buku dalam jangka waktu 30 hari berturut-turut; plus

(b) total bagian dari Judul Resmi apa pun yang dapat disertakan dalam setiap pratinjau sebuah Google Play Buku berdasarkan Bagian 3.1 (Otorisasi dari Penerbit),

secara agregat tidak akan melebihi: (i) 20% dari Judul Resmi; atau (ii) batas persentase yang ditetapkan dalam Akun Penerbit untuk pratinjau, salah satu yang lebih besar.


4. Opsi Harga

4.1 Harga Google Play Buku. Penerbit dapat merekomendasikan Harga Jual untuk menjual setiap Google Play Buku. Apabila undang-undang yang berlaku tidak mewajibkan Harga Akhir Tetap (sebagaimana didefinisikan di bawah), Google akan menetapkan harga akhir Google Play Buku untuk Pengguna Akhir. Google akan membayarkan bagi hasil kepada Penerbit berdasarkan Harga Jual sebagaimana didefinisikan dalam Bagian 5.1 (Bagi Hasil). Penerbit menyetujui bahwa pilihan mata uangnya dapat membatasi wilayah tempat Google mendistribusikan Google Play Buku. Penerbit dapat mengizinkan secara per judul melalui Akun Penerbit bahwa Google dapat mengambil tindakan tambahan untuk memfasilitasi transaksi Google Play Buku dalam mata uang selain dari yang disediakan oleh Penerbit. Pada kasus semacam itu, Penerbit menyetujui bahwa bagi hasil dalam Bagian 5.1 (Bagi Hasil) dapat dihitung berdasarkan mata uang yang digunakan menjual Google Play Buku.


4.2 Harga Buku Tetap.

(a) Terlepas dari Bagian 4.1, Penerbit akan, apabila diwajibkan oleh hukum untuk penjualan Google Play Buku tertentu di Wilayah tertentu, memberitahukan kepada Google harga akhir tetap setiap Google Play Buku yang akan dijual kepada Pengguna Akhir dalam Wilayah tersebut, termasuk semua pajak yang berlaku seperti pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan (harga semacam ini disebut "Harga Akhir Tetap"). Penerbit harus mematuhi semua peraturan harga tetap yang berlaku. Penerbit menyetujui bahwa Google mengandalkan informasi harga Google Play Buku yang diberikan oleh Penerbit untuk memastikan bahwa Google Play Buku tersebut dijual dengan harga yang sesuai dengan peraturan harga tetap yang berlaku. Penerbit akan menggunakan fitur yang disediakan oleh Google dalam Akun Penerbit (sebagaimana yang mungkin diperbarui dari waktu ke waktu) atau metode lain apa pun yang disepakati antara para pihak untuk mengomunikasikan Harga Akhir Tetap (dan informasi terkait) setiap Google Play Buku kepada Google dalam mata uang Wilayah.

(b) Terlepas dari Bagian 4.2(a), apabila diizinkan oleh hukum yang berlaku (dan hanya sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku), Google dapat menentukan harga jual akhir setiap Google Play Buku untuk Pengguna Akhir atas kebijaksanaannya sendiri, terlepas dari Harga Akhir Tetap.

4.3 Perubahan Opsi Harga. Penerbit dapat mengubah Harga Jual atau Harga Akhir Tetap (sebagaimana berlaku) dalam Akun Penerbit atau dengan menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Google.


5. Persyaratan Pembayaran.

5.1 Bagi Hasil. Untuk Google Play Buku yang dijual melalui Layanan Google, Google akan membayarkan kepada Penerbit 52% dari Harga Jual atau Harga Akhir Tetap sebagaimana berlaku, namun Google akan menerapkan Bagi Hasil 70% untuk Google Play Buku yang dijual kepada Pengguna Akhir di wilayah tertentu sebagaimana dijelaskan di sini. Atas kebijaksanaannya sendiri, Google dapat kembali menerapkan Bagi Hasil standar 52%. Bagi Hasil ini tunduk pada Bagian 5.5 (Pengecualian dan Pembayaran Kembali oleh Penerbit) dan 5.6 (Penipuan).

5.2 Persyaratan Pembayaran. Google akan membayarkan kepada Penerbit pendapatan yang diterima dari penjualan Google Play Buku selama satu bulan selambat-lambatnya dalam waktu 60 hari setelah akhir bulan kalender tersebut. Google dapat menggunakan Google Payments untuk melakukan pembayaran kepada Penerbit, yang dalam hal itu Penerbit menyetujui persyaratan tambahan dalam Lampiran A. Pembayaran akan ditransfer melalui Jaringan ACH (atau sarana lain yang ditentukan oleh Google) dan dibayarkan kepada Penerbit dalam mata uang yang ditentukan oleh Google dari waktu ke waktu. Hal ini dapat berarti bahwa Penerbit harus bersedia menerima pembayaran dari Google dalam mata uang berbeda dan bahwa Penerbit akan melakukan langkah yang diperlukan untuk memungkinkan pembayaran dalam mata uang tertentu. Terlepas dari kalimat sebelumnya, Google tidak diwajibkan melakukan pembayaran jika saldo terutang ke Penerbit pada waktu dilakukannya pembayaran atau transfer tidak mencapai US$100,00. Setelah Perjanjian ini dihentikan, Google akan membayarkan saldo terutang kepada Penerbit dalam waktu 90 hari sejak penghentian perjanjian, namun dalam keadaan apa pun Google tidak akan melakukan pembayaran jika saldo terutang tidak mencapai US$1,00. Jumlah yang dilaporkan oleh Google yang terkait sebagai pembelian akan menjadi jumlah yang digunakan dalam menghitung pembayaran berdasarkan Perjanjian ini.

5.3 Laporan. Google akan memberi Penerbit akses ke laporan penjualan Google Play Buku dalam format yang secara umum disediakan kepada penerbit lainnya. Informasi selengkapnya tentang data yang disediakan Google dalam laporan dapat dilihat dalam Kebijakan Program.

5.4 Pendapatan, Pembayaran, dan Pelaporan untuk Akun Keluarga. Tidak ada kewajiban pembayaran, akuntansi, atau pelaporan yang lebih berat atau lebih banyak sehubungan dengan Berbagi dengan Anggota Keluarga. Pengelola Akun Keluarga harus memberikan Metode Pembayaran Keluarga yang valid agar anggota dalam Grup Keluarganya dapat melakukan pembelian untuk Berbagi dengan Anggota Keluarga.

5.5 Pengecualian dan Pembayaran Kembali oleh Penerbit. Terlepas dari apa pun yang disebutkan sebelumnya, Google tidak akan bertanggung jawab atas pembayaran apa pun untuk setiap pembelian atau akses ke Google Play Buku (a) yang dilakukan melalui cara-cara curang atau tidak valid, sebagaimana ditetapkan oleh Google atas kebijaksanaannya sendiri, termasuk penggunaan kartu kredit atau metode pembayaran lainnya secara curang; (b) yang telah dikembalikan dananya; atau (c) yang dikenai tagih balik kartu kredit oleh Pengguna Akhir. Google dapat menahan pembayaran dan/atau meng-offset jumlah yang terutang ke Penerbit sebagai akibat dari setiap keadaan di atas. Penerbit akan bekerja sama dengan Google dalam menyelidiki setiap keadaan di atas. Penerbit akan membayarkan kembali setiap jumlah yang telah dibayarkan oleh Google berdasarkan Perjanjian ini yang di kemudian hari dikenai pengembalian, penagihan balik, pembalikan, pengembalian dana, penyesuaian, atau penolakan oleh bank, tindakan pelanggan, atau lainnya, atau yang keliru dibayarkan atau dibayarkan sebagai akibat dari salah penghitungan oleh Google atau Penerbit ("Pembayaran Kembali oleh Penerbit"). Penerbit memberikan otorisasi kepada Google untuk menerapkan offset dan netting atas jumlah saat ini yang terutang oleh Google kepada Penerbit berdasarkan jumlah Pembayaran Kembali oleh Penerbit yang terutang oleh Penerbit kepada Google. Google mana pun juga dapat, atas pilihannya sendiri, mengirimkan invoice kepada Penerbit untuk Pembayaran Kembali oleh Penerbit yang terutang ke Google, dan Penerbit akan membayarkan nilai invoice tersebut kepada Google dalam waktu 30 hari sejak diterimanya pemberitahuan tertulis dari Google.

5.6 Penipuan. Penerbit tidak akan, dan tidak akan mengizinkan atau menganjurkan pihak ketiga mana pun untuk langsung atau tidak langsung membeli atau mendapatkan akses ke Google Play Buku melalui cara-cara otomatis, curang, menipu, atau tidak valid lainnya, penggunaan robot atau alat kueri otomatis, dan/atau permintaan penelusuran buatan komputer lainnya, dan/atau penggunaan software atau kartu kredit secara curang.

5.7 Pengembalian Dana. Google dapat memberikan pengembalian dana atas pembelian Google Play Buku sesuai dengan Kebijakan Program.


5.8 Pajak.

(a) Penerbit setuju untuk menyediakan, secepat yang dapat dilakukan secara wajar, semua dokumentasi atau sertifikasi pajak yang diminta oleh Google. Jika Penerbit tidak menyediakan dokumen atau sertifikasi pajak yang diminta oleh Google, maka Google dapat menunda pembayaran hingga dokumentasi atau sertifikasi yang diminta tersebut diberikan kepada Google.

(b) Kecuali jika dinyatakan lain dalam Perjanjian ini, semua pembayaran yang dilakukan oleh Google kepada Penerbit berdasarkan Perjanjian ini sudah mencakup Pajak Transaksi. Penerbit bertanggung jawab atas pembayaran semua Pajak Transaksi yang terkait dengan pembayaran yang diterima oleh Penerbit berdasarkan Perjanjian ini.

(c) Jika Google diwajibkan berdasarkan undang-undang yang berlaku untuk membebankan pajak atas penjualan Google Play Buku kepada Pengguna Akhir, maka Google akan membebankan pajak tersebut dan menyetorkannya ke otoritas perpajakan setempat.

(d) Jika Google diwajibkan berdasarkan undang-undang yang berlaku untuk memungut/memotong pajak (“Pajak Potong/Pungut”) dari pembayaran apa pun yang dilakukannya kepada Penerbit, Google akan memotong/memungut dan menyetorkan Pajak Potong/Pungut tersebut kepada otoritas perpajakan dan akan membayarkan jumlah bersih yang tersisa kepada Penerbit setelah Pajak Potong/Pungut tersebut dipungut/dipotong.

(e) Jika Penerbit ingin mengajukan klaim berdasarkan konvensi atau perjanjian pajak penghasilan ganda yang berlaku untuk memenuhi syarat mendapatkan manfaat dan untuk mengurangi atau meniadakan Pajak Potong/Pungut, Google akan mempertimbangkan dokumentasi formal yang disediakan oleh Penerbit sehubungan dengan klaim tersebut, asalkan dokumentasi itu disediakan kepada Google secepat yang dapat dilakukan secara wajar.

(f) Penerbit bertanggung jawab untuk memperoleh persetujuan formal atau formulir wajib apa pun dari otoritas perpajakan yang terkait untuk mengklaim manfaat berdasarkan konvensi atau perjanjian pajak penghasilan ganda yang berlaku.

5.9 Bunga. Google atau Penerbit dapat membebankan bunga dengan tingkat 2% per tahun di atas suku bunga pokok Barclays Bank PLC dari waktu ke waktu, dari tanggal tenggat hingga tanggal pembayaran sebenarnya, baik sebelum maupun setelah penilaian atas pembayaran apa pun berdasarkan Perjanjian ini yang telah lewat tenggat. Bagian 5.9 (Bunga) ini tidak berlaku pada jumlah yang benar-benar disengketakan atau yang telah ditetapkan.


6. Masa Berlaku dan Penghentian

6.1 Masa Berlaku. Perjanjian ini akan dimulai pada Tanggal Efektif dan akan berlanjut sampai diakhiri oleh satu atau beberapa pihak sesuai dengan persyaratannya. Jika memungkinkan, para pihak sepakat bahwa demi keefektifan klausul penghentian berdasarkan Perjanjian ini, untuk mengesampingkan ketentuan, prosedur, dan pelaksanaan undang-undang apa pun yang berlaku apabila perintah pengadilan diperlukan untuk penghentian Perjanjian ini.


6.2 Penghentian oleh Penerbit. Penerbit dapat mengakhiri Perjanjian ini: (a) kapan saja atas kebijaksanaan mutlaknya dengan menyampaikan pemberitahuan tertulis setidaknya 30 hari sebelumnya kepada Google; atau (b) dengan efek langsung jika Google melakukan pelanggaran materiil atas Perjanjian ini dengan pelanggaran yang tidak dapat diperbaiki.


6.3 Penghentian oleh Google. Google dapat: (a) mengakhiri Perjanjian ini kapan saja atas kebijaksanaan mutlaknya dengan menyampaikan pemberitahuan tertulis setidaknya 30 hari sebelumnya kepada Penerbit; atau (b) menghentikan dan/atau menangguhkan pelaksanaan Perjanjian ini dengan efek langsung jika Penerbit melakukan pelanggaran materiil atas Perjanjian ini dengan pelanggaran yang tidak dapat diperbaiki.


6.4 Penarikan Halaman Kutipan Konten. Penerbit dapat menarik Judul Resmi apa pun dari pemajangan di Halaman Kutipan Konten dengan cara menghapus Judul Resmi tersebut dari Akun Penerbit. Jika Penerbit meminta untuk menarik Judul Resmi apa pun dari pemajangan di Halaman Kutipan Konten, maka Google Play Buku tersebut akan ditarik dari penjualan mendatang berdasarkan Perjanjian ini secepat yang dimungkinkan.


6.5 Penarikan Google Play Buku. Penerbit dapat menarik Google Play Buku apa pun dari penjualan mendatang dengan menghapus Google Play Buku tersebut dari Akun Penerbit.


6.6 Kewajiban setelah Penghentian Perjanjian atau Penarikan Konten.


(a) Setelah Perjanjian ini dihentikan, Google akan berhenti menampilkan Halaman Kutipan Konten kepada Pengguna Akhir dalam jangka waktu yang wajar secara komersial. Terlepas dari penghentian tersebut, atau penarikan apa pun berdasarkan Bagian 6.4 (Penarikan Halaman Kutipan Konten), Google dapat terus mengindeks Konten Penerbit untuk menampilkan Hasil Penelusuran setelah dihentikannya Perjanjian ini (atau penarikan Judul Resmi oleh Penerbit). Demi menghindari keraguan, Hasil Penelusuran tersebut hanya akan menunjukkan metadata yang berhubungan dengan Konten Penerbit dan tidak akan menampilkan Halaman Kutipan Konten; dan


(b) Setelah Perjanjian ini dihentikan, Google akan menghentikan penjualan Google Play Buku kepada Pengguna Akhir dalam jangka waktu yang wajar secara komersial. Penerbit menyetujui bahwa, begitu Pengguna Akhir membeli sebuah Google Play Buku, maka penjualan tersebut bersifat final dan hanya tunduk pada kebijakan Google tentang pengembalian item dan pengembalian dana.


6.7 Dampak pada Konten yang Dibeli. Terlepas dari Bagian 6.5 (Penarikan Google Play Buku) dan 6.6 (Kewajiban setelah Penghentian Perjanjian atau Penarikan Konten), semua penjualan Google Play Buku akan tetap berlaku meskipun Perjanjian ini dihentikan, atau meskipun Judul Resmi atau Google Play Buku ditarik oleh Penerbit. Demi menghindari keraguan, apabila Berbagi dengan Anggota Keluarga diaktifkan sebelum penarikan atau penghentian Perjanjian, maka semua penjualan Google Play Buku tetap boleh Dibagikan dengan Anggota Keluarga meskipun Judul Resmi atau Google Play Buku yang terkait ditarik atau Perjanjian ini dihentikan. Penerbit mengizinkan Google untuk terus memberi Pengguna Akhir akses ke Konten yang Dibeli, termasuk hak untuk menggunakan fitur dan fungsionalitas tambahan yang ditawarkan oleh Google dari waktu ke waktu sesuai dengan Perjanjian ini.


6.8 Keberlakuan. Bagian 3.1 (dengan pengecualian 3.1(e)), 3.2, 3.7, 3.9, dan 3.10 (yang pada setiap kasusnya sejauh yang diperlukan untuk memberlakukan Bagian 6.6), 6.6, 6.7, 7, 8, 9, dan 10 (selain bagian lain mana pun yang berdasarkan jangka waktunya atau menurut implikasinya harus tetap berlaku) akan tetap berlaku terlepas dari dihentikannya Perjanjian ini.


6.9 Penghentian CHSA. Jika Penerbit dan Google sebelumnya telah menyepakati suatu perjanjian, yang disebut Perjanjian Layanan Hosting Konten, Persyaratan dan Ketentuan Program Partner Google Buku, atau nama lainnya ("CHSA"), yang mengatur bahwa Penerbit setuju untuk menyediakan buku tertentu untuk disertakan dalam Google Buku, maka CHSA tersebut akan dihentikan per Tanggal Efektif Perjanjian ini.


7. Jaminan dan Perlindungan terhadap Kerugian

7.1 Jaminan. Kedua belah pihak saling menjamin bahwa pihaknya memiliki kekuasaan dan kewenangan penuh untuk menyepakati Perjanjian ini. Penerbit menjamin bahwa: (a) pihaknya memiliki dan akan mempertahankan semua hak dan izin yang diperlukan untuk memberikan lisensi, otorisasi, dan hak lain yang diberikan olehnya berdasarkan Perjanjian ini (dan tanpa membatasi apa pun yang disebutkan sebelumnya, menjamin bahwa pihaknya memiliki hak yang sesuai dalam semua Hak Atas Kekayaan Intelektual pada dan atas Konten Penerbit dan Fitur Merek Penerbit); (b) setiap Judul Resmi dan Google Play Buku tidak melanggar undang-undang apa pun yang berlaku; (c) pihaknya mematuhi semua undang-undang yang berlaku di setiap Wilayah; (d) sejauh yang diizinkan oleh undang-undang yang berlaku, semua hak moral dari penulis setiap Judul Resmi dan Google Play Buku telah dibebaskan atau penulis telah setuju untuk tidak menggunakan hak tersebut; dan (e) setiap Judul Resmi dan Google Play Buku memiliki kualitas memuaskan, sesuai dengan keperluan, dan memenuhi deskripsinya.


7.2 Perlindungan terhadap Kerugian. Penerbit akan mengganti rugi Google LLC dan Afiliasinya (bersama-sama "Pihak yang Diganti Rugi") atas semua kewajiban, biaya, pengeluaran, kerugian, dan kerusakan yang diderita atau ditanggung oleh Pihak yang Diganti Rugi atau Partner Sindikasi mana pun, sebagai akibat dari klaim pihak ketiga bahwa: (a) Google Play Buku, Judul Resmi, materi lain apa pun yang disampaikan oleh Penerbit kepada Google berdasarkan Perjanjian ini atau penggunaannya melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual atau hak lain apa pun milik pihak ketiga; dan/atau (b) Google Play Buku, Judul Resmi, atau materi lain apa pun yang disampaikan oleh Penerbit kepada Google berdasarkan Perjanjian ini atau penggunaannya bertentangan dengan undang-undang yang berlaku (termasuk semua undang-undang yang berhubungan dengan pencemaran nama baik, privasi, dan kontrak). Agar ganti rugi dapat diterapkan sehubungan dengan klaim tertentu, Pihak yang Diganti Rugi akan: (i) memberitahukan klaim tersebut kepada Penerbit; (ii) memberikan informasi, bantuan, dan kerja sama yang wajar kepada Penerbit dalam pembelaan atas klaim tersebut; dan (iii) memberikan kontrol penuh dan kewenangan mutlak kepada Penerbit atas pembelaan dan penyelesaian klaim tersebut, tunduk pada persetujuan Google atas penyelesaian tersebut, yang persetujuannya tidak akan ditahan atau ditunda secara tidak wajar.


8. Batasan Kewajiban


8.1 Tidak ada ketentuan apa pun dalam Perjanjian ini yang akan mengecualikan atau membatasi kewajiban pihak mana pun atas:


(a) penipuan atau representasi yang keliru dan menipu;


(b) penyalahgunaan Informasi Rahasia;


(c) kewajiban sesuai dengan kewajibannya untuk melindungi terhadap kerugian berdasarkan Bagian 7.2 (Perlindungan Terhadap Kerugian);


(d) pembayaran jumlah yang harus dibayarkan dan terutang kepada pihak lain dalam rangka pelaksanaan normal Perjanjian ini; dan


(e) hal-hal yang tidak dapat dikecualikan atau dibatasi berdasarkan hukum yang berlaku.


8.2 SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM, KECUALI UNTUK ITEM DALAM BAGIAN 8.1, (A) TIDAK ADA PIHAK YANG AKAN BERTANGGUNG JAWAB (BERDASARKAN TEORI ATAU KEADAAN APA PUN) ATAS HILANGNYA PENDAPATAN ATAU GANTI RUGI TIDAK LANGSUNG, KHUSUS, INSIDENTAL, SEBAGAI AKIBAT, SEBAGAI PERINGATAN, ATAU SEBAGAI HUKUMAN, KERUGIAN ATAU PENGELUARAN, HILANGNYA KEUNTUNGAN, ATAU HILANGNYA DATA YANG DIKUMPULKAN MELALUI PROGRAM INI, DAN (B) TANGGUNG JAWAB AGREGAT SETIAP PIHAK KEPADA PIHAK LAINNYA BERDASARKAN ATAU SEHUBUNGAN DENGAN PERJANJIAN INI (ENTAH DALAM KONTRAK, WANPRESTASI, ATAU LAINNYA) YANG TIMBUL SELAMA TAHUN KONTRAK MANA PUN DIBATASI PADA JUMLAH YANG LEBIH BESAR DARI: (i) 125% DARI JUMLAH YANG HARUS DIBAYARKAN KEPADA PENERBIT BERDASARKAN PERJANJIAN INI DALAM TAHUN KONTRAK YANG TERKAIT; ATAU (ii) US$100.000.


8.3 Dalam Bagian 8.2 "Tahun Kontrak" berarti periode 1 tahun yang dimulai pada Tanggal Efektif atau pengulangan yang relevan dari tanggal tersebut (sebagaimana diperlukan). Jika jumlah yang disebutkan pada sub-bagian (B)(i) atau (C)(i) dalam Bagian 8.2 tidak dapat dihitung secara akurat pada waktu tanggung jawab yang terkait akan ditaksir ("Waktu yang Berlaku"), maka jumlah tersebut akan dihitung secara pro-rata menggunakan rumus X/Y x Z, di mana:


X = jumlah yang terutang dan harus dibayarkan kepada Penerbit dalam Tahun Kontrak yang terkait sebelum Waktu yang Berlaku;

Y = jumlah hari yang telah berlalu dalam Tahun Kontrak yang terkait sebelum Waktu yang Berlaku; dan

Z = 365.


8.4 Tidak ada ketentuan, jaminan, atau persyaratan lain yang berlaku pada barang atau layanan apa pun yang disediakan berdasarkan Perjanjian ini kecuali jika ditetapkan secara tegas di dalam Perjanjian, dan kecuali jika ditetapkan secara tegas dalam Perjanjian ini, tidak ada ketentuan, jaminan, atau persyaratan lain yang berlaku.


8.5 Untuk tujuan Perjanjian ini, kerugian yang dialami oleh Afiliasi Google sehubungan dengan Perjanjian ini akan dianggap sebagai kerugian yang dialami oleh Google LLC.


9. Umum

9.1 Informasi Rahasia. Penerima Informasi Rahasia apa pun tidak akan mengungkapkan Informasi Rahasia tersebut, kecuali kepada karyawan, dan/atau penasihat profesional yang perlu mengetahuinya dan yang telah menyetujui secara tertulis (atau, pada kasus penasihat profesional, yang terikat) untuk menjaga kerahasiaannya. Penerima akan, dan akan memastikan bahwa orang dan entitas tersebut: (a) menggunakan Informasi Rahasia tersebut hanya untuk menjalankan hak dan memenuhi kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini, dan (b) mempertahankan kerahasiaan Informasi Rahasia tersebut. Penerima juga dapat mengungkapkan Informasi Rahasia jika diwajibkan oleh hukum setelah menyampaikan pemberitahuan yang wajar kepada pengungkap, di mana pemberitahuan tersebut memadai untuk memberikan kesempatan kepada pengungkap untuk mengupayakan perlakuan rahasia, perintah perlindungan, atau upaya hukum atau bantuan serupa sebelum pengungkapan. Tidak ada pihak mana pun yang akan mengeluarkan siaran pers atau pengumuman publik lainnya sehubungan dengan Perjanjian ini tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari pihak satunya (di mana persetujuan tersebut tidak boleh ditahan atau ditunda secara tidak wajar).


9.2 Pemberitahuan. Semua pemberitahuan tentang penghentian atau pelanggaran harus disampaikan secara tertulis dan ditujukan ke Departemen Hukum pihak satunya. Alamat email untuk mengirim pemberitahuan ke Departemen Hukum Google adalah legal-notices@google.com. Semua pemberitahuan lainnya harus dibuat dalam bahasa Inggris, secara tertulis, dan ditujukan ke kontak utama pihak satunya. Pemberitahuan akan diperlakukan sebagaimana disebutkan pada tanda terima, seperti yang diverifikasi dalam tanda terima tertulis, tanda terima otomatis, atau oleh catatan elektronik (sebagaimana berlaku).


9.3 Pemindahan Hak. Kedua belah pihak tidak diperbolehkan memindahkan bagian mana pun dari Perjanjian ini tanpa persetujuan tertulis dari pihak satunya, kecuali kepada afiliasi di mana: (a) penerima hak telah setuju secara tertulis untuk terikat dengan persyaratan Perjanjian ini; (b) pihak yang memindahkan hak tetap bertanggung jawab atas semua kewajiban (termasuk, tanpa pembatasan, segala persyaratan informasi atau dokumentasi pajak yang dijelaskan dalam Bagian 5.8 (Pajak) Perjanjian ini) berdasarkan Perjanjian ini jika penerima hak lalai; dan (c) pihak yang memindahkan hak telah memberi tahu pihak satunya mengenai pemindahan hak tersebut.


9.4 Subkontrak. Kedua belah pihak tidak diperbolehkan mensubkontrakkan kewajibannya mana pun berdasarkan Perjanjian ini, tanpa persetujuan tertulis dari pihak satunya. Pihak yang mensubkontrakkan akan tetap bertanggung jawab atas semua kewajiban subkontrak dan semua tindakan atau kelalaian subkontraktornya.


9.5 Pemberlakuan Persyaratan. Kecuali jika dinyatakan lain, tidak ada ketentuan apa pun dalam Perjanjian ini yang akan menciptakan atau memberikan hak atau manfaat lain apa pun yang menguntungkan pihak lain selain dari para pihak dalam Perjanjian ini, kecuali jika Afiliasi Google memberlakukan persyaratan yang dimaksudkan untuk memberikan manfaat kepada pihak tersebut, meskipun yang bersangkutan bukan merupakan pihak dalam Perjanjian ini. Terlepas dari kalimat sebelumnya, para pihak dalam Perjanjian ini dapat, berdasarkan kesepakatan, memutus atau mengubah Perjanjian ini atau persyaratan mana pun darinya, tanpa izin dari pihak mana pun yang memiliki hak untuk memberlakukan Perjanjian ini atau persyaratan yang dimaksud, meskipun jika pemutusan atau pengubahan tersebut dapat meniadakan atau mengubah kepemilikan hak pihak tersebut.


9.6 Tidak Ada Keagenan. Kecuali jika secara tegas dinyatakan lain, tidak ada ketentuan apa pun dalam Perjanjian ini yang akan membentuk keagenan, partnership, atau usaha bersama apa pun di antara para pihak.

9.7 Perubahan Kontrol. Jika salah satu pihak mengalami perubahan kontrol (misalnya, melalui pembelian atau penjualan saham, merger, atau bentuk transaksi perusahaan lainnya): (i) pihak tersebut akan menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak satunya dalam 30 hari sejak terjadinya perubahan kontrol tersebut; dan (ii) pihak satunya dapat segera menghentikan Perjanjian ini kapan saja sejak perubahan kontrol tersebut sampai 30 hari setelah menerima pemberitahuan tertulis tersebut.

9.8 Keadaan Memaksa. Tidak ada pihak yang akan bertanggung jawab atas kegagalan atau penundaan pelaksanaan Perjanjian ini selama hal tersebut disebabkan oleh keadaan di luar kendali yang wajar.

9.9 Tidak Ada Pembebasan Hak. Tidak ada pihak yang akan dianggap telah membebaskan haknya dengan tidak menjalankan (atau menunda menjalankan) hak apa pun berdasarkan Perjanjian ini.

9.10 Keterpisahan. Jika ketentuan apa pun (atau bagian dari suatu ketentuan) dalam Perjanjian ini tidak valid, ilegal, atau tidak memiliki kekuatan hukum, bagian lain Perjanjian akan tetap berlaku.

9.11 Keseluruhan Perjanjian. Perjanjian ini menjelaskan semua ketentuan yang disetujui antara para pihak dan menggantikan semua perjanjian lain antara para pihak terkait pokok bahasannya.

9.12 Terjemahan. Jika Perjanjian ini diterjemahkan ke dalam bahasa lain, dan jika terdapat perbedaan antara teks dalam bahasa Inggris dengan teks dalam bahasa lain, maka yang berlaku adalah teks dalam bahasa Inggris.

9.13 Perubahan pada program; Perubahan pada Perjanjian. Google terus-menerus mengubah dan menyempurnakan programnya, termasuk program Google Buku dan Google Play Buku. Google dapat menambahkan atau menghapus fungsionalitas atau fitur program Google Buku dan Google Play Buku kapan saja. Google dapat membuat perubahan pada Perjanjian ini kapan saja dengan menyampaikan pemberitahuan kepada Penerbit. Perubahan tidak berlaku surut. Perubahan akan mulai berlaku, dan akan dianggap disetujui oleh Penerbit pada tanggal yang tercantum dalam pemberitahuan, yang secepat-cepatnya 30 hari sejak diberitahukannya perubahan tersebut kepada Penerbit (kecuali untuk perubahan yang diwajibkan oleh hukum, yang dapat berlaku sebelum 30 hari). Penerbit memiliki hak untuk mengakhiri Perjanjian ini jika tidak menyetujui perubahan Perjanjian (sebagai upaya hukum satu-satunya dan eksklusif). Penggunaan program Google Buku dan Google Play Buku oleh Penerbit setelah tanggal efektif yang ditetapkan dalam pemberitahuan yang berlaku ditafsirkan sebagai persetujuan Penerbit atas perubahan ketentuan Perjanjian ini.

10. Hukum yang Mengatur dan Wilayah Hukum

10.1 Perjanjian ini diatur oleh hukum California, dengan mengecualikan pilihan aturan hukum California.

10.2 Arbitrase. Para Pihak akan berusaha dengan niat baik untuk menyelesaikan setiap sengketa sehubungan dengan Perjanjian ini ("Sengketa") dalam waktu tiga puluh hari setelah munculnya Sengketa tersebut. Jika tidak dapat diselesaikan dalam waktu tiga puluh hari, Sengketa harus diselesaikan melalui arbitrase oleh International Centre for Dispute Resolution pada American Arbitration Association dan dilaksanakan sesuai dengan Expedited Commercial Rules yang berlaku per tanggal berlakunya Perjanjian ini. Akan ada satu arbitrator yang dipilih berdasarkan kesepakatan para pihak. Arbitrase akan dilaksanakan dalam bahasa Inggris di Santa Clara County, California, AS. Masing-masing pihak dapat mengajukan permintaan keputusan hukum kepada pengadilan yang memiliki wilayah hukum, guna melindungi hak-haknya selama penyelesaian arbitrase belum diputuskan. Keputusan apa pun yang diberikan oleh arbitrator bersifat final dan mengikat para pihak, dan penilaian atasnya dapat dimasukkan oleh pengadilan apa pun dengan wilayah hukum yang kompeten. Arbitrator dapat memerintahkan keputusan hukum atau penggantian yang setara, sesuai dengan upaya hukum dan batasan yang disebutkan dalam Perjanjian ini. Semua informasi yang terungkap selama proses arbitrase, termasuk keberadaan arbitrase itu sendiri, akan menjadi Informasi Rahasia yang diatur oleh ketentuan kerahasiaan dalam Bagian 9.1 (Informasi Rahasia). Namun, para pihak dapat mengungkapkan informasi tersebut ke pengadilan yang sesuai berdasarkan pembatasan kerahasiaan, jika diperlukan untuk meminta penegakan putusan arbitrase atau keputusan apa pun, atau untuk meminta ganti rugi apa pun yang diizinkan berdasarkan persyaratan dalam Perjanjian ini.


LAMPIRAN A

Google telah meminta kepada Google Payments, atas nama Google dan Afiliasinya, untuk: (i) membayarkan ke rekening bank yang ditunjuk Penerbit dana yang terutang oleh Google kepada Penerbit ("Pembayaran Penyedia Google"); dan (ii) menyediakan informasi tertentu kepada Penerbit sehubungan dengan pembayaran tersebut.


Penerbit menyetujui bahwa, dalam memproses Pembayaran Penyedia Google, Google Payments bertindak sebagai penyedia layanan untuk dan atas nama Google atau Afiliasinya semata-mata untuk keperluan menyediakan informasi tertentu kepada Penerbit dan menyalurkan pembayaran ke rekening bank yang ditunjuk Penerbit atas nama Google atau Afiliasi Google lainnya. Tidak ada apa pun dalam Lampiran ini yang membebankan kewajiban apa pun pada Google Payments.


HUBUNGAN DENGAN PERSYARATAN GOOGLE PAYMENTS

Penerbit setuju bahwa Google Payments dapat memproses Pembayaran Penyedia Google dan menampilkan Pembayaran Penyedia Google yang terjadwal dalam catatan akun pada Akun Google Payments yang digunakan untuk keperluan lain, seperti transaksi pembelian. Penerbit setuju bahwa pemrosesan Pembayaran Penyedia Google oleh Google Payments tidak tunduk pada persyaratan layanan penjual atau pembeli standar Google Payments.


PERSYARATAN DAN PELAKSANAAN PEMROSESAN PEMBAYARAN PENYEDIA GOOGLE


Penerbit akan:

(a) memelihara akun penjual di Google Payments ("Akun Google Payments");

(b) mendaftarkan rekening bank di negara tempat Penerbit berada dan, jika Penerbit ingin dibayar dalam mata uang tertentu dan Google setuju untuk membayar Penerbit dalam mata uang tersebut, rekening bank di negara yang disetujui oleh Google Payments yang menggunakan mata uang tersebut;


(c) menyediakan informasi identifikasi dan keuangan yang terkait dengan rekening bank yang ditetapkan Penerbit kepada Google, Google Payments, atau Afiliasi Google lain sebagaimana diminta oleh Google, Google Payments, dan/atau Afiliasi Google lainnya dari waktu ke waktu; dan


(d) menyediakan semua informasi dan mengambil semua tindakan yang diminta oleh Google Payments yang bertindak atas nama Google atau Afiliasi Google lainnya, atau oleh bank Penerbit agar dapat memfasilitasi Pembayaran Penyedia Google.


Afiliasi Google dapat menampilkan dalam Akun Google Payments catatan jumlah dana yang akan dibayarkan kepada Penerbit pada tanggal pembayaran terjadwal mendatang. Jumlah ini ditampilkan kepada Penerbit di catatan Akun Google Payments untuk tujuan kenyamanan dan penyampaian informasi semata. Jumlah Pembayaran Penyedia Google yang ditampilkan dalam catatan Akun Google Payments tidak dimiliki oleh Penerbit dan tidak terutang ke, atau harus dibayarkan kepada, Penerbit oleh Google Payments. Pembayaran terjadwal ini dapat diubah dan dibatalkan oleh Google. Tidak ada hubungan debitur/kreditur yang terbentuk antara Penerbit dan Google Payments sehubungan dengan jumlah Pembayaran Penerbit yang ditampilkan dalam catatan Akun Pembayaran Google. Google akan memastikan bahwa Google Payments mengikuti petunjuk Google dalam mengatur Pembayaran Penyedia Google ke rekening bank yang ditetapkan Penerbit, sehubungan dengan Pembayaran Penyedia Google, terlepas dari jumlah yang ditampilkan dalam catatan Akun Google Payments.


OTORISASI PEMBAYARAN PENERBIT & HAK GOOGLE ATAS OFFSET (HAPUS BALIK) DAN NETTING (ADU TAGIH)

Otorisasi Pembayaran: Dengan ini Penerbit secara tegas memberikan otorisasi kepada setiap Afiliasi Google yang terlibat dalam atau membantu penyediaan layanan kepada Penerbit untuk memulai, melalui jaringan elektronik atau lainnya, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Penerbit, kredit dana ke rekening bank yang ditetapkan Penerbit untuk membayarkan jumlah yang terutang oleh Google atau Afiliasi Google lainnya kepada Penerbit, sesuai dengan jadwal pelunasan Google dan/atau ketika pembayaran sudah harus dilakukan kepada Penerbit berdasarkan persyaratan dari layanan Google yang diikuti Penerbit ("Otorisasi Pembayaran").

Otorisasi Netting dan Offset: Untuk setiap periode pelunasan, dengan ini Penerbit secara tegas memberikan otorisasi kepada setiap Afiliasi Google dan Google Payments untuk menggabungkan dan/atau menerapkan netting dana yang terutang atau harus dibayarkan oleh Afiliasi Google kepada Penerbit ke dalam satu pembayaran kredit elektronik ke rekening bank yang ditetapkan Penerbit ("Netting").

Otorisasi Pembayaran Penerbit dan hak Afiliasi Google atas Netting yang dijelaskan di atas akan tetap berlaku selama Penerbit ikut serta dalam satu atau beberapa layanan Google dan selama jangka waktu seratus delapan puluh (180) hari setelah keikutsertaan tersebut diakhiri atau dibatalkan. Penerbit menyetujui bahwa Penerbit harus menghubungi Google, dan juga bank yang menerbitkan rekening bank yang ditetapkan Penerbit secara tertulis, untuk membatalkan Otorisasi Pembayaran yang diuraikan dalam Lampiran ini.


SENGKETA

Jika Penerbit memiliki sengketa apa pun terkait Pembayaran Penyedia Google, termasuk informasi mengenai pembayaran tersebut, Penerbit akan menghubungi Google untuk menyelidiki masalah itu. Jika setelah penyelidikan oleh Google, Penerbit, yang bertindak secara wajar, tidak puas dengan temuan Google, terlepas dari persyaratan lain mana pun dalam Perjanjian ini, Google dan Penerbit setuju untuk mencoba menyelesaikan masalah itu melalui mediasi sebelum menempuh proses hukum formal apa pun.


KEAMANAN

Penerbit bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan nama pengguna dan sandinya. Penerbit bertanggung jawab atas semua aktivitas terkait Pembayaran Penyedia Google yang menggunakan nama pengguna atau sandinya, termasuk segala akibat dari penggunaan atau penyalahgunaan nama pengguna atau sandi. Penerbit akan segera memberitahukan kepada Google Payments atau Google segala penggunaan tindakan keamanan secara tidak sah atau pelanggaran keamanan lain yang menyangkut nama pengguna/sandinya yang diketahui oleh Penerbit.


PENGHENTIAN

Google atau Google Payments dapat menghentikan pemrosesan Pembayaran Penyedia Google kapan saja dan dengan alasan apa saja tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Penerbit. Jika Google atau Google Payments menghentikan pemrosesan Pembayaran Penyedia Google, Google akan menghubungi Penerbit mengenai pengaturan pembayaran alternatif.


KEBIJAKAN PRIVASI

Kebijakan privasi Google Payments, yang berlaku dari waktu ke waktu dan yang saat ini tersedia di https://payments.google.com/files/privacy.html (atau URL lain yang disediakan oleh Google dari waktu ke waktu) akan mengatur pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan informasi tertentu tentang Penerbit oleh Google Payments sehubungan dengan Pembayaran Penyedia Google.


printSummary


Accept & Agree


Dari Sekian Banyak Penjelasan Yang diberikan Google Play Book, Tentu Kita Bisa Sedikit Mengerti akan Kebijakan Google Book atau Google Buku ini. Karena Sekali kita Upload Buku yang Di Tolak, Akan Di Tolak Selamanya. jadi dari Pengalaman ini, Rekan-rekan Bisa Berhati-hati Dengan Apa Yang dituliskan, Dengan Tema Apa, Atau Ejaan Tulisan Yang Bagaimana Seharusnya. Yang Terpenting, Karya Tulismu, Bukan Saduran dari Buku yang Lain yang Berhak Cipta Ya. Semoga Berhasil dan Selamat Berkarya. 

Baca juga

Posting Komentar

kunjungishopee