Sholat Tahajud Niat Cara dan Doa

Sholat tahajud adalah Salah Satu Sholat Sunah yang bisa disebut sholatul lail, yakni kegiatan ibadah Sholat yang dilakukan pada malam hari. Memang tidak mudah melaksanakannya karena kita harus terjaga saat orang lain terlelap. Namun, justru disitulah letak keistimewaan dari Sholat Tahajud ini. Kira-kira Apa saja keutamaan dan bagaimana tata cara sholat tahajud?


Sholat Tahajud

Meskipun hukumnya Sunah atau tidak wajib, sholat tahajud adalah sholat sunah yang sangat utama dan mendapat anjuran langsung dari Allah. Barangsiapa yang mengerjakannya akan mendapatkan apa yang dijanjikan oleh-Nya.


Sholat tahajud juga merupakan salah satu kebiasaan mulia yang senantiasa dijalankan oleh orang-orang sholeh sebelum kita.


Keutamaan Sholat Tahajud


1. Mengangkat Derajat Seorang Muslim

Dengan mendirikan sholat tahajud, Allah akan meninggikan derajat kita sebagai seorang muslim. Hal ini termaktub dalam Quran Surat Al Isra ayat 79:


وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا


"Dan pada sebagian malam hari bertahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudahKeu-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." 


2. Doanya Di ijabah oleh Allah swt

Pada malam hari saat tubuh beristirahat, pada saat itulah Allah turun ke langit dunia dan mengijabahi doa-doa hambaNya. Inilah kesempatan kita untuk lebih dekat kepada-Nya.


"Allah Subhanahu wa Ta'ala turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku ijabahi doanya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni dia." (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan yang lainnya) 


3. Mendapat Kemuliaan dan Kewibawaan

Pada waktu malam pula, Allah akan memberi kemuliaan dan kewibawaan kepada hambanya yang menghdupkan malam dengan beribadah. Dalam sebuah hadis riwayat Hakim Hasan disebutkan:


وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ 


"Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya."


4. Menghapus Dosa-dosa


Sabda Rasulullah:


Artinya: "Hendaklah kalian melakukan sholat malam karena ia adalah kebiasaan orang-orang sholih sebelum kalian, ia sebagai amal taqorrub bagi kalian kepada Allah, menjauhkan dosa, dan penghapus kesalahan." (HR. at-Tirmidzi, al-Hakim, dan al-Baihaqi). 


5. Dijanjikan Surga sebagai Balasan


Firman Allah SWT:


"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat kebaikan, (yakni) mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah)." (QS. Adz-Dzariyat: 15-18) 


Selain itu, Allah SWT juga memudahkan bagi yang mengamalkan sholat tahajud untuk memasuki surga-Nya tanpa dihisab. Sebagaimana ucapan Nabi Muhammad SAW yang artinya.


"Pada hari Kiamat, manusia dihalau di tanah lapang, kemudian malaikat berseru Mana orang yang sholat Tahajud hanya sedikit yang bangkit. Mereka lantas dipersilahkan masuk surga, tanpa dihisab".


Tata Cara Sholat Tahajud

Ada perbedaan pendapat ulama dalam hal tata cara sholat tahajud. Sebagaian ulama mengatakan harus dilakukan setelah tidur pada malam hari. Sementara ulama lainnya berpendapat boleh dikerjakan dengan atau tanpa tidur sebelumnya. Namun Pada Kebanyakan Saudara Muslim yang Lain, Mengutamakan Tidur Dahulu Meskipun Hanya Sebentar meskipun Hanya 10 Menit.


Waktu sholat Tahajud

Mengenai waktu pelaksanaan sholat sunnah tahajjud terbagi menjadi 3 waktu, yakni :


Waktu yang utama untuk melakukan sholat tahajjud adalah pada sepertiga malam yang pertama atau sekitar pukul 19 hingga pukul 22.

Waktu yang lebih utama untuk melaksanakan sholat sunnah tahajjud adalah pada sepertiga malam yang kedua atau sekitar pukul 22 hingga pukul 1 dini hari.

Dan waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat tahajjud adalah pada sepertiga malam yang ketiga (sepertiga malam terakhir) atau sekitar pukul 1 dini hari hingga masuknya waktu Shalat Fardhu yaitu Shalat Subuh.


2. Shalat Tahajud dan Niat Sholat Tahajud

Berikut ini adalah lafal niat shalat tahajud:


 أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَ


Artinya: Aku menyengaja sholat sunah tahajud karena Allah Ta'ala.


3. Jumlah Roka'at Sholat Tahajud

Sholat tahajjud memiliki jumlah rakaat yang paling sedikit adalah 2 rakaat dan yang paling banyak adalah tidak terbatas. Artinya sholat tahajjud bisa dikerjakan dengan jumlah rakaat paling sedikit 2 rakaat atau sesuai dengan kemampuan. 

Aisyah radhiallahu anha pernah berkata:


"Jika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bangun di malam hari untuk menunaikan shalat malam, biasanya beliau memulai shalatnya dengan dua rakaat ringan." (HR. Muslim) 


4. Bacaan Doa Sholat Tahajud

Doa setelah shalat tahajud tidak kalah pentingnya dari shalat tahajud itu sendiri. Karena doa shalat tahajud itu selalu menyertai shalat tahajud Rasulullah SAW. Doa tahajud Rasulullah SAW ini berisi pujian, pengakuan, dan sekaligus permohonan ampunan.


Berikut ini doanya:



 اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ 



Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna, Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq, Wa wa'dukal haq, Wa liqâ'uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ'atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a'lantu, wa mâ anta a'lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh. 


Artinya: "Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar".

Sholat Sunah Tahajud Merupakan Sholat Sunah yang Sangat di Anjurkan Oleh Rosulullah sholallahu 'alaihi wassalam, Keutamaan dan Keistimewaan Sholat Tahajud Juga Terdapat dalam Al-Qur'an dan Hadist Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam. Semoga Kita di Beri Kemudahan Untuk Menunaikannya, Amiin.

Baca juga

Posting Komentar