-->

Belajar Bisnis Waralaba Murah untuk Belajar

 

Bisnis Waralaba Murah untuk Belajar

Siapa yang tidak tahu bakso. Bakso begitu digemari oleh masyarakat kita. Salah satu bakso yang terkenal yaitu bakso malang dan bakso solo. Beberapa orang ingin menikmati bakso dengan cara membuat sendiri baksonya. Tapi membuat bakso dengan rasa yang enak tidaklah mudah oleh sebab itu diperlukan resep yang bagus. Makanya  tak heran kalau kebanyakan dari kita lebih suka jajan bakso. Membeli lebih praktis tetapi rasanya juga yang mungkin lebih enak dari pada yang kita buat. Apa lagi saat ini sudah banyak waralaba bakso yang dengan mudah bisa kita jumpai.


Bakso biasanya selalu menggunakan bahan dasar daging sapi dengan kualitas yang baik. Tetapi akhir-ahir ini banyak orang yang juga menyukai bakso yang menggunakan bahan dari kepala sapi atau ikan. Kesempatan inilah yang dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha bakso. Nah, bila anda ingin berjualan bakso tetapi tidak ingin repot dengan membuat resep bakso sendiri, menjalin kemitraan atau membeli waralaba bakso adalah pilihan tepat yang sekarang juga sudah banyak ditawarkan.


Perusahaan Waralaba Bakso Di Indonesia

Saat ini banyak perusahaan waralaba bakso yang menawarkan kerjasama dengan para pelaku usaha yang ingin melakukan bisnis terutama yang ingin mencoba berjualan bakso tetapi tidak memiliki cukup pengalaman dalam membuat bakso. Berikut perusahaan waralaba yang menawarkan kerjasama khususnya bakso:


Bakso Bakar

Bisnis waralaba bakso yang dimulai disekitar lingkungan kampus yang ada di yogya mendapat sambutan yang begitu luar biasa dari para konsumen. Karena keberhasilan dalam mengambil hati para konsumen, Bakso Bakar akhirnya mewaralabakannya kepada pelaku bisnis franchise. Investasi yang ditawarakan dimulai dari sekitar Rp. 4 juta.


Mister Baso

Mister Baso adalah salah satu perusahaan waralaba bakso yang dikenal dengan variasi serta citarasa bakso yang begitu beragam. investasi untuk paket yang ditawarkan seperti tipe restoran Investasinya mulai dari Rp.600 juta.


Bakso Iga Sapi

Usaha yang awalnya berkembang di Surabaya ini mulai menawarkan kemitraan atau mewaralabakan pada 2008 dan sampai saat ini outletnya sudah ada sekitar 100 unit. Investasi yang ditawarkan mulai dari Rp.25.000.000.


MyBakso

Dengan membayar investasi sebesar 35 juta rupiah, anda sudah bisa berjualan bakso dengan memakai nama brand MyBakso yang didirikan pada pertengahan tahun 2007 yang setahun kemudian mewaralabakan bisnisnya.


Bakmi Raos

Outlet Bakmi Raos yang kini tersebar keseluruh nusantara seperti medan, makasar, manado, surabaya, bandung, balik papan, sanggata, dan batam telah  bertekad  untuk melayani masyarakat dengan memberikan makanan bermutu. Investasi yang diminta oleh Bakmi Raos mulai dari 5 juta rupiah.


Masih banyak lagi pengusaha bakso yang me-waralabakan usahanya, anda bisa mencari informasinya melalui internet. Waralaba Bakso yang ditawarkan secara online

Ada orang yang pernah melakukan riset sederhana menggunakan bantuan mesin pencari Google, untuk keyword tukang bakso atau waralaba bakso dalam sebulan terdapat 2900 orang pencari di Indonesia. Wow Cukup banyak juga ya? Tenyata dari pencari sebanyak itu, kemudian saya cek memakai Google sudah banyak juga perusahaan yang sudah membuat website untuk memasarkan usahanya. Tetapi banyak pedagang bakso yang belum memasarkan usahanya memalui website terutama tukang bakso yang gaptek dan tidak mengerti apa itu internet.


Anda bisa memanfaat kesempatan ini.  Kalau  anda tidak dapat membuat bakso atau sekalipun bisa memasak bakso rasanya juga kurang meyakinkan. Anda dapat menghubungi tukang bakso yang sudah anda tahu bagaimana rasanya, lalu coba anda pasarkan atau marketingkan tukang bakso tersebut melalui website atau blog anda. Dengan begitu anda berpeluang menjadi broker pedagang bakso.

Setelah selesai membuat blog atau website “tukang bakso” langkah selanjutnya adalah memperkenalkan situs/blog tersebut sebanyak mungkin ke calon customer, banyak cara seperti broadcast email, iklan baris, blogwalking, video marketing youtube, social networking, Teknik SEO dan banyak lagi cara marketing lainnya.


Seolah-olah anda memiliki perusahaan waralaba bakso kan.. tetapi saya tidak bertanggung jawab jika pada akhirnya anda akan kebanjiran order untuk membuat bakso dari website anda. Oke selamat bekerja…

Usaha waralaba murah dapat dijadikan satu pilihan untuk  anda yang ingin membuka usaha. Tidak dipungkiri lagi bahwa ternyata banyak cara untuk membuka usaha lainnya  dan salah satunya ialah waralaba. Banyak orang berpikir apabila menjalankan usaha waralaba itu mahal dan membutuhkan modal yang lumayan besar padahal tidak semua usaha waralaba yang modalnya tidak terlalu mahal dan tidak membutuhkan sumber daya manusia yang banyak. 


Meskipun menjalankan usaha waralaba murah memiliki resiko kegagalan yang lebih kecil dibanding usaha yang lainnya namun semua itu  tergantung keseriusan kita dalam mengelola dan memanajemen usahanya dan kita dapat lihat usaha waralaba yang murah dan modal yang cepat balik tetapi tentunya kita juga perlu sangat hati-hati dan harus memahami bagaimana kiat kita memilih sebelum kita menjalankan usaha waralaba  tersebut.


Mengapa usaha waralaba murah?

Usaha waralaba murah bisa menjadi salah satu kiat sukses bagi mereka yang ingin membuka usaha mandiri. Waralaba murah menguntungkan menjadi salah satu cara kita dalam mengembangkan bisnis. Meskipun dengan modal kecil, bisnis waralaba murah bukan berarti usaha ini murahan. Tidak selamanya yang murah itu murahan atau tidak mampu menghasilkan keuntungan besar. Dan sebaliknya, usaha waralaba yang mahal tidak selamanya menguntungkan dan menghasilkan keuntungan  yang besar. 

Bahkan tidak jarang pengusaha yang telah membuka usaha dengan modal banyak justru tidak berjalan dan tidak jarang pula pengusaha yang menjalankan bisnis waralaba murah justru mendapatkan keuntungan besar. Meskipun kebanyakan orang akan lebih tekun dan serius menjalankan usaha yang dibeli dengan saham besar.


Usaha waralaba murah yang seharusnya dihindari

Terdapat beberapa usaha waralaba yang seyogyanya harus kita hindari ketika kita akan menjalankan usaha waralaba dan mudan-mudahan ini  menjadi kiat dan bisa berguna untuk anda yang berniat akan membuka usaha waralaba makanan murah. 

Usaha  waralaba yang sepatutnya di hindari antara lain :

Usaha waralaba murah yang dipasaran sedang menurun atau dibawah rata-rata penjualannya, dengan kata lain usaha waralaba jenis tersebut sedang mengalami masa sulit atau sepi konsumennya.  Apabila kita menjalankan usaha waralaba murah seperti ini bisa dipastikan kita akan kesulitan untuk memperoleh keuntungan yang diinginkan. Usaha waralaba yang kita jalankan ini juga tidak akan bertahan lama.


Usaha waralaba  yang sedang terlibat masalah hukum. Pada hakikatnya usaha waralaba adalah kesepakatan antara dua pihak yaitu antara waralaba dan franchisor, selama menjalankan kesepakatan bisa saja terjadi masalah dalam perjanjian keduanya, atau franchisor mempunyai taktik bisnis lain didalam perjanjian waralaba yang disepakati sehingga berakhir pada masalah hukum yang rumit.


Usaha  waralaba murah yang hanya menawarkan satu produk. Artinya jangan sampai kita menjalankan usaha waralaba murah yang hanya memiliki satu produk tanpa ada produk pendukung yang lainnya, sebagai contoh: usaha waralaba yang  menjual roti atau burger saja tanpa ada menu rasa yang bervariasi.


Usaha waralaba murah yang terlalu  banyak membutuhkan tenaga kerja atau SDM. Terlalu banyak tenaga kerja justru akan merepotkan anda ketika anda harus menghitung berapa banyak dana yang akan anda keluarkan guna membayar honor karyawan. Maka pilihlah usaha waralaba yang bisa meminimalisir biaya produksi dan mengurangi kegagalan akibat dari kesalahan manusia ( human error), mintalah  sistem yang hanya memerlukan sedikit tenaga kerja, simple serta praktis baik sistem pelayanan maupun sistem produksi bahan baku.


Usaha waralaba dengan modal  murah yang terbatas dalam pemberian dukungan kepada kita. Meskipun menjalankan usaha waralaba lebih mengedepankan kemandirian, tetapi dukungan dari franchisor sangat dibutuhkan sebab kita butuh dukungan tentang pasokan bahan baku, bagaimana mekanisme pemasarannya, bagaimana kita memberikan training kepada tenaga kerja dan lain sebagainya.


Walaupun anda menjalankan usaha waralaba murah namun hal tersebut diatas bisa untuk anda pertimbangkan. Anda juga harus sangat hati-hati supaya  uang Anda nantinya tidak hilang sia-sia dan  peluang usaha  waralaba murah tersebut juga dapat bertahan lama serta menghasilkan untung yang cukup besar.



Baca juga

Posting Komentar