Liku-liku Kehidupan Sang Pendiri Sinar Mas

Bisnis Eka Tjipta kini dipegang oleh anak-anaknya. Pada akhir 2019 keluarga Widjaja masih tercatat dalam daftar orang terkaya ke 2 di Indonesia versi.
Sejarah pendiri sinar mas
Bapak Eka Wijaya

Memang benar, setiap Orang Mempunyai Cerita Hidup Berbeda-beda. Ada yang sebagai contoh yang tak perlu di contoh, Sampai dengan Kisah hidup yang membuat seseorang termotivasi oleh cerita hidup seseorang Tokoh yang Telah Gigih Berjuang dari Bawah sampai atas. Banyak yang di pelajari dari Banyak orang, agar kita juga bisa belajar dan Mengetahui Bagaimana Seseorang itu bisa sampai di Puncak Kejayaan. Meski Banyak Yang Berkata Rizki adalah Merupakan Pemberian Tuhan, Namun secara Global Tuhanpun Bisa mewujudkan apa saja yang kita Inginkan. Kali ini Tewe My ID akan Menuliskan Kisah Menarik, yang Tentu saja Bisa di Ambil Hikmah dan Pengalaman Hidupnya. Mari Simak Kisah Ini, liku-liku kisah hidup dari Pendiri Sinar mas.

Siapa yang tidak kenal dengan Eka Tjipta Widjaja? Sosoknya merupakan konglomerat dengan gurita bisnis di bawah bendera Sinar Mas. Pria yang telah tutup usia pada 26 Januari 2019 itu terkenal sebagai salah satu orang terkaya di Tanah Air.

Bisnis Eka Tjipta kini dipegang oleh anak-anaknya. Pada akhir 2019 keluarga Widjaja masih tercatat dalam daftar orang terkaya ke 2 di Indonesia versi Forbes dengan nilai harta US$ 9,6 miliar atau setara Rp 134,4 triliun.

Sebelum jadi konglomerat, Eka Tjipta memiliki kisah panjang suka duka dalam membangun bisnisnya. Bermigrasi dari China, dia pertama kali menginjak Indonesia di usia 9 tahun bersama sang ibu pada 1931. Hal itu dilakukan demi menyusul sang Ayah yang sudah lebih dulu tiba di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eks Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam laman pribadinya pernah menyebut bahwa Eka Tjipta tinggal di sebuah rumah dengan dinding bambu dan beratap daun rumbia. Ayahnya memiliki usaha toko kecil-kecilan.

Saat itu, Eka Tjipta yang memiliki nama asli Oei Ek Tjhong lebih tertarik membantu ayahnya jualan ketimbang sekolah. Dia memilih untuk menjual barang dagangan dengan cara keliling kampung, bukan hanya sekadar menjaga toko.

Eka Tjipta yang saat itu hanya bisa bicara bahasa Hokkian juga sempat kesulitan untuk bersekolah Tionghoa di Makassar. Di usianya yang sudah 9 tahun, pihak keluarga memohon-mohon ke kepala sekolah agar dibolehkan masuk ke kelas 3.

Sampai tiba saatnya lulus SD, Eka Tjipta enggan melanjutkan sekolah formal dan memilih mendatangkan guru malam hari ke rumah. Alasannya, jika sekolah untuk bekerja maka dia mau bisa bekerja tanpa bersekolah.

Eka Tjipta membayar jasa guru itu dari hasil jualannya setamat SD yakni berjualan biskuit dan permen. Bahkan, agar bisa bisnis itu, dia sampai menjaminkan ijazah SD ke produsen sehingga bisa menjualnya alias menjadi distributor.

Bisnis berjalan lancar, omzet pun meningkat. Eka Tjipta bisa membeli sepeda hingga becak bekas sebagai sarana menjual dagangannya berkeliling. Dalam 4 tahun dirinya bisa mengumpulkan 2.500 gulden, dan 1.000 gulden bisa dipakai renovasi rumah orang tuanya.

Tak cepat puas, Eka Tjipta merambah sumber uang lainnya dengan ikut arisan tender. Caranya siapa yang mau memberi bunga tertinggi yang menang, cuma di bisnis ini dia gagal karena kondisi ekonomi kacau saat Jepang masuk Makassar 1941. Dananya di arisan tender pun menghilang bersama pemenang tender.

Eka Tjipta juga berkali-kali bangkrut hingga sempat menjual sebagian asetnya. Setelah banyak jatuh bangun di Makassar, dia pindah ke Surabaya dan di sinilah Sinar Mas mulai dibangun dan diresmikan. Kala itu masih CV Sinar Mas.

Mengutip dari laman resmi Sinar Mas, Kamis (31/3/2022), pilar bisnis Sinar Mas dari bisnis perusahaan meluas ke kertas dan sawit. Pada 1972, Eka Tjipta mendirikan paprika soda kimia, Tjiwi Kimia yang kemudian menjadi pabrik kertas pertama Sinar Mas.

Sinar Mas juga mengembangkan bisnis di sektor layanan keuangan seperti asuransi dan perbankan. Itu adalah PT Internas Artha Leasing Company yang berdiri pada 1982. Pada 1986, ada Sinar Mas Forestry mulai mengelola hutan tanaman pertamanya.

Krisis 1998 bukan menjadi penghalang Eka Tjipta mengembangkan perusahaannya. Sinar Mas mulai melebarkan sayapnya di bidang penyediaan energi, perdagangan besar, serta infrastruktur telekomunikasi.

Lalu, pada 2006, Sinar Mas mengakuisisi Bank Shinta dan menjadi Bank Sinarmas. Tidak sampai di situ, saat ini diketahui membangun industri telekomunikasi melalui Smartfren, industri pengembang dan real estate mencakup Sinar Mas Land.

Ada juga pilar kesehatan mencakup Eka Hospital, serta membentuk organisasi kemanusiaan seperti Yayasan Dharma Eka Tjipta, dan pendidikan seperti Sinar Mas World Academy.

Jadi hingga saat ini secara total, Sinar Mas bergerak melalui tujuh pilar bisnis, dari pulp dan kertas, agribisnis dan pangan, layanan keuangan, pengembang dan real estate, telekomunikasi, energi dan infrastruktur, serta layanan kesehatan. Meski kini sudah tiada, kehebatan dan pantang menyerah Eka Tjipta dalam membangun bisnis patut dijadikan motivasi.

Nah Kawan-kawan, Dari Kisah Hidup Pendiri Sinar mas diatas, Bisa kita ambil Pelajaran Bahwa kita harus semangat dan pantang Berputus asa. Mengingat filosofi Beliau yang Selalu berintegritas, bersikap positif, berkomitmen, melakukan perbaikan berkelanjutan, inovatif dan loyal. Nah Postingan di Atas juga untuk motivasi diri kami, semoga bisa bermanfaat. Salam Hormat Untuk Keluarga Pak Eka Tjipta Widjaja, salam Persaudaraan dan Salam Kompak Selalu.

Posting Komentar