4 Tradisi Di PSHT

Psht masih Membawa budaya atau Tradisi berasal dari tanah Jawa dan masih di Jalankan sampai Sekarang. Di Bawah ini akan di jelaskan beberapa Tradisi .
Tradisi Budaya adat PSHT

PSHT adalah Persaudaraan Setia Hati Terate, sebuah Organisasi Pencak silat yang perkembangannya Mulai di Rintis di Kota Madiun Jawa Timur pada Tahun 1922. Sejak Masa itu sampai sekarang, Psht masih Membawa budaya atau Tradisi berasal dari tanah Jawa dan masih di Jalankan sampai Sekarang. Di Bawah ini akan di jelaskan beberapa Tradisi yang Masih ada di PSHT, yang Umumnya di Lakukan pada bulan Suro atau Muharrom.

Ngrajut

Ngrajut adalah suatu kegiatan temu saudara untuk membicarakan suatu hal, Mungkin dalam agama islam di sebut dengan silaturahmi. Namun Ngrajut ini hanya di lakukan dalam Ruang Lingkup kecil, Biasanya hanya beberapa orang yang sering Bertemu. Biasanya tidak begitu resmi kegiatan ini, Mungkin memang ala kadarnya saja bertemu dan menyapa. Yang di bicarakan dalam Ngrajut ini tentang kegiatan di Bulan suro, daerah mana saja jadwal pencucian mori atau kafan, atau ada kegiatan lain satu leting untuk kopdar. Namun seiring waktu, Ngrajut ini hanya di jalankan oleh beberapa kelompok terdekat saja, misalnya satu RT, atau satu RW saja atau lebih kecil. Yang intinya hanya membicarakan tentang psht, Tukar pikiran, dan Agenda yang lain.

Ngangklang

Ngangklang dalam PSHT adalah lelaku diam dan berdoa meminta dalam hati, agar apa yang di Lewati selalu dalam perlindungan Tuhan. Dalam ngangklang ini para warga PSHT lelaku diam (meskipun ada yang memanggil) dan terus Berjalan dengan rute yang sudah di sepakati bersama sebelum acara ngangklang tersebut. Biasanya ada salah satu pemandu jalan yang mengarahkan, memberi jalan, atau mengamankan dalam ritual ngangklang ini. Ngangklang ini mengajarkan kita untuk intropeksi diri dalam setahun yang lalu, adakah salah ataupun dosa yang di lakukan, dan apa doa serta permintaan untuk bisa lebih Baik menjadi Manusia yang Berbudi Pekerti luhur. Rute Ngangklang Biasanya dari awal start jalan dan berakhir di tempat yang sama (awal start), bisa di sebut Puter Gelang.

Dlamak/Napak

Dlamak adalah ritual berjalan tanpa alas kaki ke Tempat tertentu yang sudah di rencanakan, Biasanya Ritual Napak ini di Lakukan bila ritual Ziarah ke makam leluhur PSHT atau ke Gunung untuk Semedi atau untuk menyatu dengan Alam. Biasanya ritual ini di lakukan bersama-sama, karena tidak terlalu sakral dalam melakukannya, bisa berbicara, mengobrol dan bercanda ringan, yang Terpenting tidak Bicara kotor, Memaki dan Membuat sakit Hati orang lain.

Ngumbah Gaman

Ngumbah Gaman adalah ritual pencucian Pusaka pada Bulan Suro, Karena PSHT tidak Punya Pusaka, hanya di Beri Kain Kafan saja, Maka pencucian pusaka berganti dengan Ngumbah Mori. Mori Merupakan pemberian PSHT apabila sudah di sah kan menjadi Warga PSHT, Karena PSHT mempunyai Tujuan agar para Warga PSHT selalu berbuat Baik dan Ingat Kematian. Dalam Ngumbah Mori akan di lakukan ritual dan doa-doa, Doa-doa ini lah yang mensugesti para warganya agar bisa lebih baik lagi dalam satu tahun yang akan datang.

Pencak Silat Merupakan Warisan Leluhur yang digunakan untuk merintis Kemerdekaan Indonesia, Kewajiban kita sebagai Penerus adalah melestarikan Budaya Daerah agar bisa di nikmati oleh anak Cucu kita kelak. Salam persaudaraan dari Tewe My ID.

Posting Komentar