Sistem

Pengertian tentang Apa Yang Dinamakan Tentang Sistem, Bagaimana dan Apa yang Terkait dengan sistem? lalu Apa saja Gambaran Contoh dari Sistem tersebu

Sebagai Langkah Pertama Dalam Pembahasan dan Pengkajian Materi ini, ada baiknya kita menyamakan Pandangan Tentang Pengertian Sistem Terlebih Dahulu. sering kali Kita Mendengar dalam Pembicaraan atau dari kita Sendiri Sering Mengatakan "Sebagai Suatu Sistem.." Dalam Membahas atau Membicarakan suatu Masalah. Lalu Apakah Yang dimaksud dengan Sistem itu? Menurut Khateeb M.Hussain, 1973. Sistem Merupakan Suatu Konsep yang Menunjukan Suatu Himpunan dari Berbagai Komponen atau Sebagai Susunan yang Teratur.

Sedangkan Menurut William Schechter, 1974 Mengatakan Dalam Istilah Sistem Selalu Terkandung pengertian Keteraturan dan Terorganisasinya komponen-komponen yang melingkupinya. Sistem selalu Menggambarkan Kerangka Berfikir dan Kerangka Kerja Yang Merupakan Suatu Keseluruhan dan Terinterelasi Untuk Memecahkan Masalah-masalah Tertentu.

Suatu Sistem Muncul Karena Adanya Usaha Manusia Untuk Memenuhi Kebutuhan Hidupnya. Sedangkan Kebutuhan Hidup Manusia Tidak Ada Batasnya dan Sangat Bervariasi, oleh Karena itu, Dalam upaya Memenuhi Kebutuhan Hidupnya Selalu Akan Menimbulkan Berbagai Sistem kegiatan dalam Kehidupan Manusia. Misalnya, Kebutuhan Manusia Untuk Berhubungan dengan Orang Lain akan Menimbulkan Sistem Sosial, upaya untuk Memenuhi Kebutuhan Primer Hidupnya akan memunculkan Sistem Ekonomi, dan sebagainya. sistem-sistem Tersebut akan Berjalan sesuai dengan Irama Kehidupan dan Berlandaskan pada Tata Nilai yang dianut oleh Masyarakat itu, mengenai apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Dari Beberapa Hal duatas Maka Suatu Sistem Mempunyai ciri-ciri Sebagai Berikut:

  1. Mempunyai Tujuan Yang Akan dicapai.
  2. Mempunyai Batas Yang Memisahkan dari Lingkungannya, Misalnya Kelas merupakan suatu Sistem, Di mana di dalamnya terdapat Guru, Siswa, sarana belajar, dan Proses Belajar Mengajar. sedangkan di Luar Kelas disebut Lingkungan.
  3. Bersifat Terbuka dengan Lingkungan, Artinya dapat Menerima Masukan dari Luar Sistem.
  4. Dapat Terdiri dari Beberapa Subsistem.
  5. Merupakan Satu Kesatuan Yang Bulat dari Komponennya.
  6. Saling hubungan dan Saling Ketergantungan, Baik dalam intern sistem maupun dengan Luar Sistem (Lingkungannya).
  7. Melakukan Kegiatan Transformasi atau Mengubah Input Menjadi Output.
  8. ada Mekanisme Control.
  9. Mempunyai Kemampuan Mengatur diri Sendiri.

Sebagai Contoh Marilah Kita Melihat Keluarga Kita Masing-masing, Keluarga Merupakan Sebuah Sistem, Sebab Keluarga Merupakan Satu Kesatuan yang Teratur dari Komponen-komponenya, yang Terdiri atas Ayah, Ibu, Anak, Barangkali Ada Family yang Tinggal di rumah kita, Pembantu Rumah Tangga, dan Sebagainya. Masing-masing Komponen Mempunyai Fungsi, Hak dan Kewajiban yang Telah di atur sedemikian rupa Sesuai dengan Falsafah Hidup yang dianut Untuk Mencapai Tujuan Keluarga Tersebut. Tujuan Hidup Keluarga itu akan Tercapai dengan Baik apabila semua komponen yang ada dapat Berjalan sesuai dengan Fungsinya. Sebaliknya Tujuan keluarga itu Akan Terhambat atau Tidak Akan Tercapai Apabila Salah satu atau Beberapa komponen dari sistem itu tidak dapat Berjalan Sebagaimana Mestinya.

Posting Komentar